LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Manggarai Barat , Yoseph Danu pada Hari Statistik Nasional, Minggu ( 26/9/2021) mengatakan, keterlibatan masyarakat, pers, kalangan pemerintah, dunia usaha, akademisi, dan masyarakat secara umumnya dalam peringatan HSN menjadi hal yang sangat penting.

“Pertama-tama saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman pers karena kami juga menyadari pers juga punya pengaruh. Berkaitan dengan Hari Statistik Nasional ini bukan hanya milik BPS saja melainkan dari berbagai stakeholders,” ungkap Yosef Danu, S.Si kepada media ini, Senin ( 27/9/2021) sore di Labuan Bajo.

Untuk membangkitkan awareness tentang pentingnya data statistik sekaligus meningkatkan literasi statistik bagi masyarakat.

Ia mengatakan dalam waktu yang akan datang pihaknya berkaitan dengan data sektoral

Baca juga :  Wapres Pimpin Rapat Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di NTT

.”Dalam jangka yang akan datang ini program kita sebenarnya berkaitan dengan data yang sektoral. Tugas dan kerja BPS ini untuk bagaiman OPD-OPD yang ada ini untuk kita bisa menyamakan berkaitan dengan bagaimana konsep dan juga teknologi terkait dengan pengumpulan data, supaya data yang kita hasilkan bisa memiliki kesamaan supaya kita bisa satu data kedepannya,” katanya.

Ia berharap, agar di di Mabar ke depannya organisasi perangkat daerah (OPD) maupun masyarakat pada umumnya agar saling berkoordinasi demi satu data untuk kedepan.

“Kita berharap ya dari Kami dari internal kita juga ada kesiapan misalnya dari sisi SDM. Kemudian terkait dengan koordinasi atau komunikasi dengan OPD. Jadi karena situasi pandemi ini kita turun lokasi untuk tatap muka selalu kendala,” ujarnya

Baca juga :  Pelaku Pencabulan Anak Di Bawah Umur Diancam 15 Tahun Penjara

“Melalui literasi statistik yang terus berusaha kita bangun, maka seluruh pengguna data baik dari kalangan pemerintah, dunia usaha, akademisi, dan masyarakat secara umum akan mampu memanfaatkan data BPS secara maksimal sebagai landasan proses pengambilan keputusan di berbagai bidang,” tandasnya.

Semoga tujuan perayaan HSN tersebut dapat tercapai melalui pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan perayaan HSN 2021 baik di BPS Pusat maupun daerah (fon)