RUTENG, NTT PEMBARUAN.com -Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Paroki Santa Maria Bunda Segala Bangsa Narang, melakukan Panen Perdana Eco Enzyme.

Panen perdana Eco Enzyme tersebut dilaksanakan di gedung serbaguna Paroki Santa Maria Bunda Segala Bangsa Narang, Aula Lorenzo, Jumat, (24/09/2021).

Panen Perdana tersebut merupakan hasil Rencana Tindak Lanjut (RTL) kegiatan Pelatihan Eco Enzyme umat paroki Narang pada bulan Juni 2021 oleh Ketua Komisi PSE Keuskupan Ruteng, RD. Robert Pelita. Ketua Pelaksana Dewan Pastoral Paroki Santa Maria Bunda Segala Bangsa Narang, Agustinus Abu, S.ST, didampingi oleh perwakilan Dewan Pastoral Paroki dan PSE-PSOBK paroki Narang, Gregorius Ganggur, memimpin langsung proses panen perdana Eco Enzyme dimaksud.

Dalam kesempatan itu, Agustinus Abu, menyampaikan terima kasih kepada ketua PSE Keuskupan Ruteng, RD. Robert Pelita karena telah membagikan ilmu bagaimana membuat Eco Enzyme kepada umat paroki Narang, lewat Seksi Pastoral Pengembangan Sosial Ekonomi Paroki Narang.

“Sebagai Ketua Pelaksana DPP Paroki Narang, saya sangat berterima kasih kepada Romo Robert Pelita, karena pada bulan Juni beliau telah membimbing kita, melatih kita lewat seksi PSE Paroki untuk memberikan pelatihan pembuatan EE, yang sore ini kitab isa panen”, ucap Ketua Pelaksana DPP Paroki Narang sejak 2016 itu.

Dirinya mengatakan walaupun panen perdana tersebut baru menghasilkan 13liter Eco Enzyme hasil fermentasi saat eksekusi RTL Kegiatan Pelatihan pada tanggal 27 Juni 2021, namun panenan berikutnya akan menyusul dalam beberapa hari ke depan.

Baca juga :  SMA Negeri 1 Satar Mese Adakan LKTD

“Sore ini, kita baru panen sekitar 13 liter saja, karena ini merupakan hasil RTL saat kegiatan pelatihan. Tapi dalam waktu dekat, kami akan melakukan panen lagi. Tanggal 27 akan panen di stasi Lelit, hasil kerja beberapa pegiat EE di sana, menyusul tanggal 29 dan awal bulan Oktober kita akan panen”, ucap beliau.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Seksi Pastoral Sosial Orang Berkebutuhan Khusus (PSOBK) Paroki Santa Maria Bunda Segala Bangsa Narang, Gregorius Ganggur. Sebagai Pengurus PSOBK yang giat mendampingi kegiatan Pelatihan Eco Enzyme oleh Seksi PSE Paroki Narang, mengatakan selain melakukan panen perdana sore ini, dalam waktu dekat Paroki Narang melakukan panen Eco Enzyme di beberapa tempat, dimana telah dilakukan pembuatan EE secara berkala di bawah dampingan dan bimbingan Ketua seksi PSE Paroki.

“Iya, sore ini PSE Paroki Narang mengadakan panen perdana pembuatan Eco Enzyme, dan dalam waktu beberapa hari ke depan akan terus melakukan panen. Ini sebagai hasil tindak lanjut pelatihan oleh PSE Keuskupan Ruteng beberapa bulan lalu. Tanggal 27 ini kami panen di stasi Lelit, kemudian tanggal 29 panen di paroki buatan DPP dan kelompok kategorial THS-THM Ranting Paroki Narang, lalu PSE di beberapa tempat dan PSOBK Narang”, terang beliau.

Baca juga :  Hari Statistik Nasional 2021, Ini Kata Kepala BPS Mabar

Sementara itu, Ketua Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) paroki Narang, Bernadus Gatot Paino, mengatakan dirinya selaku ketua PSE Paroki, merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Komisi PSE keuskupan Ruteng.

Menurutnya, apa yang dicapai oleh PSE paroki Narang lewat panen panen perdana dan panen Eco Enzyme dalam beberapa minggu ke depan tidak terlepas dari karya nyata PSE keuskupan, dimana telah memberikan pelatihan bagi umat paroki Narang.

“Pertama, saya sebagai ketua seksi PSE paroki Narang, bersyukur dan berterima kasih kepada PSE Keuskupan terutama romo Robert, yang telah bersedia membagikan ilmu tentang Eco Enzyme”, tulis Gatot melalui pesan di Whatsapp.

Pria kelahiran Lampung tersebut lebih jauh mengatakan, Panen perdana yang Eco Enzyme tersebut merupakan awal dari sesuatu yang besar dalam karya pastoral seksi PSE Paroki Narang.

Baginya, pesan yang disampaikan pastor paroki Narang saat sambutan membuka kegiatan pelatihan bulan Juni lalu, RD. Dominikus Risno Maden, menjadi komitmen PSE paroki Narang dalam pembuatan Eco Enzyme.

Baca juga :  Sengketa Lahan di Golo Mori, Polres Mabar Tetapkan 21 Tsk Bersama BB

“Panen Perdana ini, merupakan awal dari sebuah karya nyata pastoral paroki kami. Ini adalah cara kami berbagi kebahagiaan. Pembuatan Eco Enzyme ini juga cara sederhana kami dalam menyelamatkan bumi dan manusia serta emisi dunia. PSE juga berkomitmen menjalankan pesan romo Risno saat membuka kegiatan. Beliau menyampaikan waktu itu untuk mengembangkan Eco Enzyme sebagai wujud Membangun dunia sebagai rumah hunian yang sehat”, tuturnya.

Sejak Juni 2021, Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Paroki Santa Maria Bunda Segala Bangsa Narang telah melakukan pembuatan Eco Enzyme secara berkelanjutan.

Dengan melibatkan umat, kelompok kategorial Organisasi Pencak Silat Pendidikan Tunggal Hati Seminari – Tunggal Hati Maria (THS-THM) dan keluarga orang berkebutuhan khsusus (penyandang disabilitas) PSE Paroki Narang telah membuat 750 liter Eco Enzyme yang siap panen dalam waktu dekat.

Kegiatan-kegiatan pembuatan Eco Enzyme tersebut, mendapatkan dukungan penuh serta monitoring dari Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Keuskupan Ruteng. (fon)