LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa (PPMKJ) dan NAPZA Kementerian Kesehatan RI, dr. Celestinus Eigya Munthe didampingi Wakil Bupati Manggarai Barat, dr. Yulianus Weng mengunjungi ODGJ Junaidi (50) yang dipasung selama 18 tahun di Dalong, Desa Watu Nggelek, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Kamis (23/9/2021).

Di tempat ODGJ itu, Wakil Bupati Manggarai Barat, dr.Yulius Weng bersama dr. Celestinus, langsung melepaskan pasungnya dan membawa ODGJ bersama timnya ke Rumah Kasih Kottongnae Indonesia Kota Labuan Bajo untuk dirawat lebih lanjut.

“Hari ini (Kamis, 23/9/2021,red) saya bersama beliau datang ke sini. Pertama kita mau ketemu keluarga, dan yang kedua kita berencana membawa pasien ini ke tempat dokter di Labauan Bajo untuk dirawat dengan baik. Kita berharap saudara kita ini bisa sembuh,” kata Wabup Weng kepada wartawan di Dalong, Kamis ( 23/9/2021).

Baca juga :  KKG Tanjung Boleng Ikut Lomba Mata Pelajaran Tingkat Gugus

Dia mengatakan dalam waktu dekat pembebasan ODGJ yang dipasung tersebut bukan hanya di tempat itu saja melainkan seluruh ODGJ yang ada di Kabupaten Manggarai Barat.

“Di Manggarai Barat ada 51 ODGJ yang dipasung nanti kita akan bebaskan semua dari pasung. Itu tekad pemerintah, paling tidak di awal 2022 nanti tidak ada lagi yang dipasung . Semuanya kita akan rawat dengan baik, karena mereka juga adalah rakyat yang juga punya hak yang sama untuk diperhatikan oleh pemerintah,” katanya.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan NAPZA RI, dr.Celestinus Eigya Munthe didampingi Wabup Mabar, dr. Yulius Weng dan tim dari Dinkes Mabar ketika mengunjungi ODGJ di Dalong, Kamis (23/9/2021).

Ia menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Manggarai Barat jika selama ini penanganan terhadap ODGJ belum diperhatikan.

Kata Wabup Weng, sekarang pemerintah hadir untuk menangani masalah yang ada.

Baca juga :  Rumput Laut dari NTT Tanpa Bahan Kimia

“Tentunya pemerintah menyampaikan permohonan maaf kalau selama ini merasa bahwa ini belum diperhatikan. Sekarang pemerintah hadir untuk menangani berbagai masalah yang ada,” tukas dia.

Sementara itu dr. Celestinus Eigya Munthe dihadapan keluarga Junaidi mengatakan bahwa ODGJ saat ini dirawat dan akan dikembalikan kepada pihak keluarga setelah dinyatakan sembuh nanti.

“Setelah sembuh, keluarga bapak/ibu akan dikembalikan kepada pihak keluarga dan tentu kita harapkan ketika kembali kepada keluarga itu nanti dalam keadaan sudah sehat. Semoga semua pihak yang telah mengambil bagian dalam hal ini bisa mendukung. Masyarakat harus ikut aktif mau menerima dan kemudian memberdayakan agar orang yang telah kita lepas dari pasungnya ini dapat kembali dengan masyarakat. Kami juga mohon maaf apabila selama ini ada kekurangan-kekurangan dalam pelayanan kesehatan terutama ODGJ,” tutupnya. (fon)