LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com – Dengan dimulainya Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi Patuh Ranakah 2021, Polres Manggarai Barat (Mabar) melaksanakan apel gelar pasukan di Lapangan Apel Mapolres Mabar, Senin (20/9/2021) pukul 08.30 Wita.

Apel gelar pasukan Operasi Patuh Ranakah 2021 tersebut dipimpin langsung oleh Kabag Sumda Mabar Kompol Sahidin Suna, yang diikuti oleh Pejabat Utama serta personil Polres Manggarai Barat itu dilakukan secara sederhana dan terbatas dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat.

Penyematan Pita oleh Kabag Sumda merupakan tanda di mulainya Operasi Patuh Ranakah 2021 kepada perwakilan personel Sat Lantas Polres Manggarai Barat.

Kabag Sumda Kompol Sahidin Suna yang membacakan amanat tertulis Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.menyampaikan bahwa pelaksanaan Operasi Kepolisian Kewilayahan Patuh Ranakah 2021 kali ini akan dilaksanakan selama 14 hari, yang dimulai dari tanggal 20 September sampai dengan 3 Oktober 2021mendatang, secara serentak di seluruh Indonesia.

Baca juga :  Pangkalan TNI AL Labuan Bajo Dapat Kado Spesial dari Polres Mabar

Operasi ini dilaksanakan dengan mengutamakan tindakan preventif berupa kegiatan edukasi protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas, serta mengajak masyarakat untuk ikut dalam kegiatan Vaksinasi guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Kita tidak hanya melakukan kegiatan yang sifatnya lalu lintas saja tetapi lebih mengedepankan tindakan yang pre-emtif dan persuasif terkait masalah keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta penegakan prokes dan juga mengimbau masyarakat untuk mengikuti kegiatan Vaksinasi yang saat ini sedang digalakan oleh Pemerintah,” kata Kompol Sahidin Suna.

Terlebih disebutkan Kabag Sumda Polres Mabar, Kompol Sahidin Suna menyampaikan, kegiatan ini tentunya juga untuk meningkatkan pelayanan dan budaya tertib berlalu lintas dalam mengurangi angka kecelakaan di Kabupaten Manggarai Barat.

Baca juga :  Rehablitasi Jaringan Irigasi Wuncung Menggunakan Pola Kerja Buka Tutup

Kompol Sahidin Suna juga mengatakan sebanyak 150 personil siap diturunkan ke lapangan. Dalam giat yang berlangsung sejak (20/9/2021), ini nantinya juga menyasar bagi masyarakat pengendara roda dua maupun empat yang tidak taat prokes, sehingga pelanggar tersebut akan diberikan teguran baik itu tertulis ataupun lisan.

Sasaran Operasi Patuh Ranakah 2021 yaitu pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI, melawan arus saat berkendara, pengemudi ranmor roda empat yang tidak menggunakan safety belt dan Pengendara Ranmor roda dua juga roda empat yang di bawah umur serta menggunakan handphone saat berkendara.

“Seluruh anggota juga kita ingatkan agar tidak melanggar Operasi Patuh untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” tutupnya. (fon)