LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Manggarai Barat, Marselinus Jeramun, SE telah mengukuhkan pengurus rantingnya untuk Kecamatan Sano Nggoang.

Pengukuhan pengurus ranting sekaligus konsolidasi tertutup itu
berlangsung di Mbodong, Desa Golo Kondeng, Kecamatan Sano Nggoang, Minggu ( 19/9/2021).

Kegiatan tersebut merupakan amanat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai PAN ke seluruh DPD untuk merapikan seluruh pengurus partai PAN sampai di tingkat desa. Konsolidasi digelar untuk menyolidkan seluruh pengurus PAN sampai hingga tingkat desa di Kabupaten Manggarai Barat.

Di sela waktu itu PAN juga melakukan kegiatan sosial di wilayah tersebut diantaranya melakukan pembagian Sembako untuk 135 kepala keluarga dan pemberian beberapa buah pipa untuk penanganan darurat jaringan irigasi persawahan Waso di Desa Golo Kondeng, Kecamatan Sano Nggoang.

Hal tersebut merupakan langkah inisiatif PAN, untuk menjawab kebutuhan pengairan areal persawahan di perkirakan 70 hektar milik masyarakat di wilayah tersebut.

Ketua DPD PAN Mabar, Marselinus Jeramun, SE, mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan partai untuk merapikan kepengurusan sampai di tingkat ranting.

Masyarakat Kampung Mbodong, Desa Golo Kondeng, Kecamatan Sano Nggoang berfoto bersama pengurus DPD PAN Mabar, Minggu (19/9/2021).

“Ini memang kegiatan partai, untuk merapikan kepengurusan sampai di tingkat ranting.Dan’ hal yang sama juga akan kami lakukan di beberapa kecamatan lain. Sebagai Ketua DPD, saya menargetkan kegiatan ini akan tuntas dua bulan ke depan.” Kata Jeramun yang juga Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Manggarai Barat tersebut.

Dia menambahkan, kegitan tersebut sekaligus menjalankan fungsi sebagai DPRD. Menurutnya, melihat dan merasakan sendiri situasi dan kondisi infrastruktur yang ada di wilayah tersebut.

“Kegiatan ini sekaligus kami menjalankan fungsi kami sebagai DPRD, melihat dan merasakan sendiri situasi dan kondisi infrastruktur yang ada di wilayah ini, yang kemudian apa yang kami lihat dan yang kami rasakan hari ini akan kami sampaikan ke pemerintah,”tuturnya.

Sementara itu, Antonius Aron, ST, yang juga anggota DPRD dari PAN mengatakan, pemberian pipa tersebut untuk mengatasi persoalan pengairan di areal persawahan Waso di Desa Golo Kondeng tersebut.

“Kami memberikan pipa dalam kegiatan ini untuk mengatasi persoalan pengairan di areal persawahan Waso pada musim ini. Karena jaringan irigasi di Wae Racang rusak parah. Hal tersebut dalam rangka peningkatan produksi pertanian di masyarakat Desa Golo Kondeng, untuk stabilitas pangan Manggarai Barat.

Karena itu, kami selalu mendorong pemerintah untuk selalu mengangarkan pembangunan dan peningkatan jaringan irigasi di wilayah ini” ungkapnya.
Menanggapai hal tersebut, Fransiskus Artasman, S.Fil, Ketua DPC PAN Kecamatan Sano Nggoang menjelaskan bahwa dirinya sangat bangga dengan kegiatan tersebut.

Karena dia meyakini semua kader PAN akan semakin solit dalam membesarkan PAN di Manggarai Barat.

“Sebagai Ketua DPC, saya bangga dengan kegiatan ini karena saya percaya degan demikian kami diberdayakan dan bertanggung jawab terhadap tugas kami masing-masing. Yang membuat PAN makin solid dan makin besar di Manggarai Barat ini,” tuturnya.

Misi kemanusiaan yang dilakukan PAN tersebut mendapat respon positif dari masyarakat setempat.

Belasius Baharu, salah satu tokoh masyarakat di Kecamatan Sano Nggoang menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan PAN tersebut.

“Kami sangat apresiasi terhadap kegiatan dari PAN ini, dimana sangat membantu persoalan kami terkait kerusakan jaringan irigasi di persawahan kami. Atas nama masyarakat kami menyampaikan banyak terimakasih,”ucap Belasius.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Anggota DPRD Mabar dari PAN, Innocentius Peni, dan Antonius Aron serta semua pengurus DPD PAN Manggarai Barat. (fon)