LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Kejaksaan Negeri Manggarai Barat (Kejari Mabar) telah mengembalikan berkas perkara 21 tersangka (tsk) yang ditangkap oleh aparat Polres Mabar di Golo Mori, 2 Juli 2021 lalu.

“Berkasnya kami sudah kembalikan ke penyidik di Polres Mabar pada Selasa, 14 September 2021 untuk segera dilengkapi,” kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kejaksaan Negeri Labuan Bajo, Yoyok Junaidi, SH kepada media ini di Labuan Bajo, Kamis (16/9/2021).

Diakatakan Yoyok, pihaknya baru satu kali mengembalikan berkas tersebut ke Polres Mabar. “Sekitar akhir Agustus 2021, penyidik Polres Mabar limpahkan berkasnya ke kita untuk kita pelajari. Selama 14 hari berkas itu kami pelajari dan belum lengkap, makanya kita kembalikan,” ujarnya.

Baca juga :  Kementerian Agraria Luncurkan Aplikasi Loketku

Ia menjelaskan, bahwa setelah Kejari mempelari berkas perkara yang dilimpahkan oleh Polres Mabar, syarat formil dan materilnya belum terpenuhi sama sekali. Sehingga berkas itu masih P-19.

“Berkas itu sekarang sudah di tangan penyidik Polres lagi,” ujarnya.

Ia menyebutkan, ada banyak poin dalam berkas perkara tersebut yang dilimpahkan untuk dilengkapi lagi oleh penyidik Polres Mabar.

Kata Yoyok, jika sudah melewati batas 120 hari berkas perkaranya juga belum dilengkapi maka kasus ini tidak bisa dilanjutkan atau batal demi hukum.

“Kalau kita (Kejari,red) ada perintah dari Kejaksaan Agung untuk tidak bolak balik berkas. Karena itu, kalau belum lengkap ya kita kembalikan. Kita tidak bisa memaksakan kasus itu ya,” tandasnya. (fon)