LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com – Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. meninjau langsung Gerai Vaksin Presisi yang digelar di SMK Stella Maris Labuan Bajo, Senin (13/9/2021).

Kegiatan ini dalam rangka menyambut pembelajaran tatap muka di Kabupaten Manggarai Barat.

Terpantau, antusiasme pelajar SMK Stella Maris Labuan Bajo ini sangat besar, terbukti sejak pagi para pelajar telah menunggu dengan tertib untuk mendapatkan vaksin.

Gerai Vaksin Presisi ini sebagai langkah kongkrit dari Korps Bhayangkara, dimana transformasi menuju Polri yang presisi mendukung percepatan penanganan Covid-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju.

Setelah sukses melakukan Vaksinasi massal di Markas Polres (Mapolres) dan di daerah kepulauan yakni di Desa Pasir Panjang serta Vaksinasi Apung Presisi bagi masyarakat daerah Pesisir, Gerai Vaksin Presisi Kepolisian Resor Manggarai Barat kini hadir di sekolah.

Sejauh ini, Vaksin yang di terima Polres Manggarai Barat sebanyak 7.560 dosis dan sasaran vaksinasi, Senin (13/9/2021) sebanyak 1.000 orang pelajar mendapat vaksin tahap pertama, sehingga total vaksin terpakai sebanyak 4.261 dosis dan sisa vaksin yang belum terpakai sebanyak 3.299 dosis.

Baca juga :  Kementerian Agraria Luncurkan Aplikasi Loketku

AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. menyampaikan akan melaksanakan vaksinasi ke sekolah–sekolah secara bertahap dengan target seluruh pelajar di Kabupaten Manggarai Barat bisa mendapat vaksin.

“Gerai Vaksin Presisi Polres Manggarai Barat hadir di sekolah–sekolah ini secara bertahap sebagai upaya percepatan vaksinasi dan menyambut proses belajar tatap muka.

“Kami juga bertekad agar para peserta didik terhindar dari paparan dan infeksi virus Covid-19,” ungkapnya.

Selain itu, Kapolres Manggarai Barat mengatakan kegiatan vaksin presisi ini, bertujuan untuk memberikan vaksin kepada masyarakat dalam rangka membantu percepatan vaksinasi nasional salah satunya dengan melaksanakan vaksinasi kepada 1.000 orang pelajar di SMK Stella Maris Labuan Bajo.

“Tentunya bentuk dari kegiatan ini yakni membantu Pemerintah Pusat, agar kegiatan vaksinasi di Kabupaten Manggarai Barat bisa cepat dan tuntas sehingga diharapkan pada bulan Desember nanti 100% penduduk Manggarai Barat sudah menerima vaksin,” kata Perwira Menengah Polisi dengan Pangkat Dua Melati di pundak itu.

Baca juga :  Yulius : "Saya Berusaha untuk Menghadirkan NasDem di Masyarakat"

“Kegiatan ini dilakukan secara masif baik oleh Pemerintah Daerah maupun Polres Manggarai Barat untuk mencapai target 100% masyarakat yang sudah divaksin,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. menghimbau kepada seluruh masyarakat Manggarai Barat yang belum melaksanakan vaksinasi agar segera mendaftarkan diri di Gerai Vaksinasi terdekat untuk dilakukan vaksinasi.

“Segera melakukan vaksinasi. Vaksin ini aman dan halal. Kita himbau kepada seluruh masyarakat Manggarai Barat dan sekitarnya, pergunakan kesempatan vaksin massal gratis ini untuk kesehatan dan keselamatan bersama,” ujarnya.

“Para pelajar maupun masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan, walaupun telah mendapat vaksinasi, sebagai upaya memutus penularan Covid-19,” tutur Kapolres Manggarai Barat.

Alumnus Akpol Angkatan 2000 itu juga mengajak seluruh lapisan masyarakat bahu membahu di masa pandemi ini karena Kabupaten Manggarai Barat masih dalam Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Baca juga :  Jelang HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, DPD PAN Mabar Gelar Baksos

Hal ini menuntut banyak pihak untuk tetap mematuhi prokes dan bersama–sama berusaha menekan angka penularan Covid-19.

“Kita sekarang di level 3 PPKM, kita harus tetap menerapkan prokes, ingat jangan sampai ketika di level 3 ini merasa terbebas dan lengah, tentunya kita semua tidak mau Manggarai Barat naik ke level 4 PPKM, saya yakin itu,” imbuhnya.

Garai Vaksin Presisi tersebut digelar oleh Polres Manggarai Barat secara gratis dengan melibatkan tenaga vaksinator dari Urkes Polres Manggarai Barat, Puskesmas Labuan Bajo dan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat dibantu oleh tenaga entry data dari personil Polwan Polres Manggarai Barat. (fon/*)