RUTENG, NTT PEMBARUAN.com – Dalam rangka menerapkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Satap Pong Meleng, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, mengikuti Lomba Menulis Tingkat Nasional. 

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh ekosistem Pendidikan SMPN Satap Pong Meleng.

Lomba Menulis Nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Forum Indonesia Menulis (FIM) ini meliputi lomba menulis artikel bagi kepala sekolah dan guru serta menulis puisi, dan pantun bagi peserta didik.

Kegiatan tersebut, melalui beberapa proses penyeleksian yang sangat ketat.

Sejak Agustus 2021 lalu, SMPN Satap Pong Meleng telah melakukan beberapa rangkaian kegiatan sesuai jadwal yang telah ditetapkan penyelenggara. Keterlibatan SMPN Satap Pong Meleng dalam kegiatan ini, berawal dari keikutsertaan seorang guru SMPN Satap Pong Meleng, Marianus Leonardus Mawar, dalam ajang Seleksi Calon Guru Motivator Literasi Nasional.

Keberhasilan guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini dalam seleksi tersebut memberikan kesempatan kepada semua ekosistem Pendidikan SMPN Satap Pong Meleng untuk berkompetisi dengan sekolah lain dalam ajang Menulis Nasional dengan sekolah lain di seluruh Indonesia.

Rian, sang Guru Motivator Literasi 2021, menjelaskan dirinya merasa terpanggil untuk menggerakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Lembaga Pendidikan Menengah. Dijelaskannya, bahwa gerakan literasi sekolah adalah sangat urgent untuk dijalankan di sekolah-sekolah.

“Saya, merasa terpanggil untuk menginisiasi gerakan literasi di sekolah saya. Karena bagi saya, kegiatan literasi sangat penting dan urgent untuk diterapkan di sebuah lembaga pendidikan saat ini”, jelasnya kepada media ini, Sabtu (11/9/2021).

Baca juga :  Terkonfirmasi Positif Covid-19, Uskup Ruteng Diterbangkan ke Jakarta

Ditanya seperti apa penerapan gerakan literasi di sekolahnya pasca menyabet gelar Guru Motivator Literasi 2021 dari Lembaga Forum Indonesia Menulis, beliau mengatakan dirinya melakukan diseminasi dengan melakukan langkah konkrit bagaimana dirinya bergerak dan menggerakan semua ekosistem pendidikan di Lembaga Pendidikan SMPN Satap Pong Meleng.

Inilah siswa/i yang terlibat aktif dalam kegiatan literasi sekolah SMPN Satap Pong Meleng

“Setelah mendapatkan anugerah sebagai Guru Motivator Literasi 2021 dari FIM, saya melakukan diseminasi dengan cara membangun komunikasi dan kolaborasi dengan pimpinan, para guru dan peserta didik untuk mengambil bagian dalam ajang Lomba Menulis Nasional. Melalui kesepakatan bersama pimpinan dan para guru kami telah melakukan langkah konkrit untuk mewujudkan gerakan literasi di sekolah dengan membuat pohon literasi kelas bagi peserta didik dan majalah dinding sekolah. Sedangkan, para guru dan kepala sekolah diarahkan untuk menulis artikel”, terang beliau.

Selain itu, dirinya menjelaskan saat ini, baik kepala sekolah, para guru dan peserta didik di satuan Pendidikan SMPN Satap Pong Meleng sedang giat menulis artikel bagi para guru dan kepala sekolah serta puisi dan pantun bagi peserta didik untuk nantinya diseleksi dalam Ajang Lomba Menulis Nasional.

“Saat ini kami semua, baik kepala sekolah, para guru dan peserta didik, sedang giat menulis artikel dan puisi serta pantun, dimana kepala sekolah dan guru menulis artikel, sedangkan peserta didik kami menulis puisi dan pantun”, jelas beliau.

Baca juga :  Presiden Jokowi Serahkan 124.120 Sertifikat Tanah Hasil Redistribusi

Salah satu guru yang dimintai komentarnya terkait kegiatan tersebut, Danar Wulan mengatakan dirinya sangat berterima kasih kepada rekan gurunya, yang telah membawa nama baik Lembaga Pendidikan SMPN Satap Pong Meleng lewat Ajang Lomba Menulis Nasional.

“Secara pribadi dan juga mewakili rekan guru, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pak Rian, yang telah membawa nama baik lembaga dalam kegiatan ini”, tulisnya lewat pesan Whatsapp.

Lebih jauh, kandidat kuat Google Master Trainer dan duta rumah belajar ini menerangkan bahwa literasi merupakan hal yang sangat vital untuk diterapkan terutama di masa pandemi covid 19 dimana banyak peserta didik yang mengalami loss leaning, sehingga dengan kegiatan literasi kiranya dapat membangkitkan motivasi membaca dan menulis semua ekosistem Pendidikan SMPN Satap Pong Meleng.

“Kegiatan literasi merupakan hal yang sangat vital apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini banyak peserta didik yang mengalami loss learning terutama dalam hal literasi.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi dan menggairahkan kembali iklim membaca dan menulis warga sekolah”, ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh pimpinan Lembaga Pendidikan SMPN Satap Pong Meleng, Kornelis Sehadun. Beliau menyampaikan ucapan apresiasi kepada guru dan Lembaga Forum Indonesia Menulis yang telah melakukan sesuatu demi kemajuan dan nama baik lembaga pendidikan yang dipimpinnya dan memberikan kesempatan kepada SMPN Satap Pong Meleng untuk mengambil bagian dalam ajang bergensi tersebut.

Baca juga :  Tingkat Kecamatan Lamba Leda Utara, Puskesmas Weleng dan Desa Satar Padut Juarai I Lomba Kreasi

“Saya selaku pimpinan, tentu saya berterima kasih kepada pak Rian yang berinisiatif untuk mengikuti lomba menulis ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Forum Indonesia Menulis/FIM yang mengikut sertakan SMPN Satap Pong Meleng untuk mengikuti lomba ini”, tuturnya.

Sebagai kepala sekolah, dirinya merasa bangga atas kesempatan bagi sekolahnya untuk mengambil bagian 7dalam ajang menulis nasional tersebut sambil dirinya berharap bahwa kesempatan tersebut dapat memotivasi seluruh warga sekolahnya untuk giat dan membiasakan diri menulis.

“Dan saya lebih berbangga karena tidak semua sekolah yang berkesempatan seperti sekolah kami untuk mengikuti lomba. Semoga dengan mengikuti lomba ini dapat menggugah kami semua untuk membiasakan diri untuk menulis”, tuturnya.

Kegiatan lomba menulis nasional ini dijadwalkan akan diumumkan pada bulan Oktober 2021. Dalam panduan kegiatan tersebut dijelaskan bahwa semua karya sekolah yang terlibat dalam kegiatan tersebut, baik karya peserta didik maupun karya guru dan kepala sekolah akan diterbitkan dalam bentuk buku ber-ISBN.(fon)