LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com. Sebanyak 20 penumpang bersama kapten dan 8 orang anak buah kapal (ABK) yang ada di dalam Kapal Motor (KM) Phinisi Lexxy Gt 83, yang mengalami kebakaran di sekitar Perairan Manjerite Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Jumat ( 10/9/2021 ), telah dievakuasi dalam keadaan selamat.

Kepala UPP Kelas II Labuan Bajo, Capt. Hasan Sadili, S.Si. T, MM, mengatakan, awalnya piket mendapatkan informasi bahwa telah terjadi kebakaran kapal di sekitar Perairan Menjerite Labuan Bajo pada pukul 15.00 wita.

“Pada hari ini (10/9/2021, red), sekitar pukul 15.00 Wita piket mendapat informasi bahwa telah terjadi kebakaran kapal di sekitar Perairan Menjerite Labuan Bajo tepatnya di Kecamatan Komodo,’ ungkap Kepala UPP Kelas II Labaun Bajo, Capt Hasan Sadili kepada NTT Pembaruan, Jumat (10/9/2021).

Baca juga :  Persemaian Modern Labuan Bajo Bermanfaat Bagi Masyarakat Flores

Indentitas KM Lexxy Gt 83, Kapten 1 orang atas nama Ambotang asal Labuan Bajo dengan ABK 8 orang.

Tanggal 10 September 2021 jam 12 siang KM Lexxy berangkat dari Labuan Bajo – Kelor-Manjerite-Kalong-Padar-Komodo-Manta Point-Kanawa-Labuan Bajo.

Pada tanggal 10 September 2021 pukul 15.00 Wita kapten kapal melihat api di genset yang berada di atas dek kapal (atas anjungan).

Kapten kapal dan crew langsung mengevakusi penumpang sebanyak 20 orang menggunakan sekoci menuju Kapal Anjani dan sebagian crew kapal berusaha memadamkan api yang ada diatas dek kapal.

Pada pukul 16.00 Wita Team SAR Gabungan berangkat menuju lokasi dan langsung mengecek keadaan kapal tersebut. Saat Team SAR Gabungan tiba di TKP, api sudah padam. Selanjutnya, Tim SAR melakukan pengecekan untuk memastikan tidak ada api yang menjalar di kapal.

Baca juga :  Diduga, Penyebab Kebakaran KM Lexxy dari Genset

Pada pukul 17.30 Wita Team SAR Gabungan kembali ke Labuan Bajo dengan selamat.

Pada pukul 17.10 Wita Kapal KM Lexxy bertolak di Pulau Menjerite. Berdasarkan informasi dari kapten bahwa kapal masih bisa olah gerak menuju Pelabuhan Labuan Bajo.

Pada pukul 18.00 Wita Kapal KM Lexxy tiba ke Pelabuhan Labuan Bajo dengan selamat.

Berikut identitas penumpang sesuai manifes yang diperoleh NTT Pembaruan dari Kepala UPP Kelas II Labuan Bajo: Khiara G M, Rodrigo G A, Tety Agustin, Glory, Septi Hersayang, Elsa Winiarti, Venci A Sibolon, Grace, Ratri, Beni, Dila Nanda, Try Astor, Debi Disiva, Rahmaniar, M. Saiful, Asri Ainun, Julio Arwanda, Nurlaila, Panji Saputra, Hakas Prayoga.

Baca juga :  Kepala UPT LPJU Kota Kupang Minta Para Lurah Laporkan Jumlah Lampu dan Tiang Listrik yang Rusak Pasca Badai Seroja

Ada pun Team SAR Gabungan yang langsung turun ke lokasi terdiri dari KPLP 3 orang, TNI Angkatan Laut (TNI AL) 8 orang, Basarnas 1 orang, Polres Mabar 1 orang. (fon)