LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com – Wakil Ketua DPRD Manggarai Barat, Marselinus Jeramun, SE terpilih menjadi salah satu dari 14 peserta yang akan mengikuti program International Visitor Leadership Program (IVLP) 2021. 

Mengutip laman Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, IVLP adalah program utama pertukaran profesional yang diselenggarakan Department of State (DoS) sejak 1940 silam. Melalui kunjungan singkat ke USA, para pesertanya akan berdiskusi langsung dengan counterparts (rekan profesional dan perwakilan organisasi sektor publik).

Indonesia telah berpartisipasi dalam program ini mulai 1952.

Saat dimintai keterangan oleh NTT Pembaruan, Kamis (9/9/2021) malam mengatakan bahwa dirinya sangat senang. Kata dia, kesempatan berharga tersebut untuk mengembangkan diri terutama dalam upaya untuk menjadi pelayan publik yang baik.

Baca juga :  Kapolres Mabar Bersama Timnya Pantau Lokasi Wisata Pulau Komodo

“Betul, Rabu (8/9/2021) kemarin, saya mendapat telepon dari Konsulat Amerika Serikat di Surabaya dan memastikan bahwa saya terpilih menjadi salah satu peserta IVLP Tahun 2021. Saya tentu senang dan akan memanfaatkan kesempatan berharga ini untuk mengembangkan diri terutama dalam upaya untuk menjadi pelayan publik yang baik,” kata Jeramun penuh antusias.

Program IVLP ini akan berlangsung selama 23 hari. Kalau tahun-tahun sebelumnya kegiatan ini diadakan di USA, namun Tahun 2021 ini akan diadakan secara daring.

“Saya diberitahu bahwa kegiatan IVLP akan dimulai pada tanggal 30 September 2021 secara virtual/daring dan berakhir hingga tanggal 22 Oktober 2021. Dan selama tiga pekan, saya akan bergabung dengan forum diskusi yang peserta diskusinya berasal dari manca negara. Tentunya hal tersebut menjadi kesempatan emas saya sebagai salah seorang Anggota DPRD untuk belajar banyak hal,” ujar Ketua DPD PAN Mabar tersebut.

Baca juga :  Upacara HUT Ke-76 Kemerdekaan RI di Mabar Dilaksanakan Secara Virttual

Menurutnya, banyak hal yang akan dipelajari dalam kegiatan IVLP tersebut.

Selain materi tentang tata kelola pemerintahan, juga tentang kondisi organisasi masyarakat (ormas), investasi, dan sebagainya termasuk pariwisata.

‘’Saya akan fokus pada isu pariwisata dan lingkungan hidup sesuai dengan kondisi eksisting Manggarai Barat. Mudah-mudahan, ada benefit dari kegiatan ini untuk Mabar secara keseluruhan” tegas Jeramun sembari menambahkan, IVLP memberi ruang bagi para peserta untuk menyampaikan potensi daerah.(fon)