LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com – Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Manggarai Barat, (Mabar) meminta pemerintah daerah (Pemda) Mabar untuk memberikan perhatian khusus kepada Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di Kabupaten Manggarai Barat.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Manggarai Barat, Rikardus Jani kepada media ini, Selasa (7 /9/2021) malam.

Menurut Rikar, masalah ODGJ adalah masalah kemanusiaan yang harus diperhatikan secara serius oleh pemerintah, sebagai bentuk pengamalan nilai pancasila yang tertera pada sila ke-2, yang berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab.

“ODGJ itu masalah kemanusiaan. Pemerintah harus perhatikan ini secara serius. Mereka itu perlu dibantu. Sila ke – 2 dalam pancasila jelas berbicara tentang kemanusiaan.” tegas Rikar.

Ia berpendapat bahwa, pemerintah daerah dalam merumuskan teknis kebijakan untuk ODGJ harus memperhatikan dan menetapkan skala prioritasnya.
Hal itu bisa ditinjau dari beban atau tanggungan hidup keluarga ODGJ.

“Dalam merumuskan kebijakan, pemerintah perhatikan skala prioritasnya. Utamakan ODGJ yang memiliki tanggungan istri atau suami dan anak,”papar Rikar.
Rikar juga mengutarakan dua masalah pokok yang harus dibantu oleh pemerintah bagi ODGJ, yaitu masalah ekonomi dan masalah pendidikan.

“Dari yang saya dapat di lapangan, keluhan keluarga ODGJ yang memiliki tanggungan terdapat dua masalah yaitu masalah ekonomi dan pendidikan bagi 6anak-anak. Maka kebijakan yang dibuat harus menyentuh lansung hal ini, seperti bantuan modal usaha dan beasiswa bagi anak sekolah,” kata Rikar.

Rikar berharap gagasan ini segera ditanggapi oleh pemerintah dalam kurun waktu yang cepat sekaligus mengajak relawan kemanusiaan untuk bergandengan tangan membantu ODGJ. (fon)