SALAH satu hal penting Kepolisian Republik Indonesia adalah Bidang Kehumasan yang  bertugas menyampaikan berita/informasi serta kerja sama dengan media massa. Kepolisian Republik Indonesia merupakan salah satu garda  terdepan dalam pengamanan keamanan negara.

Tugas-tugas pokok setiap anggota kepolisian pun telah diatur sesuai dengan Undang-Undang Republil Indonesia.  Di lembaga kepolisian juga terdapat wartawan polisi yang bertugas untuk mewartakan setiap kegiatan dan program kerja polisi kepada publik.

Briptu Roberto Emanuel Andreas Sino, salah satu wartawan polisi di Polres Manggarai Barat, yang setiap harinya bertugas menulis setiap kejadian dan mengabadikan setiap peristiwa yang terjadi seputar kegiatan Kepolisian Polres Manggarai Barat.

Berbekal pelatihan jurnalistik yang diikutinya, Briptu Berto menulis berbagai kegiatan kepolisian mulai dari kasus pelanggaran hukum hingga kegiatan edukasi kemasyarakatan yang dilakukan oleh Kepolisian Resor Manggarai Barat, yang dimuat di portal berita tribatanewsmanggaraibarat.com.

Saat ditemui media ini di Labuan Bajo, Jumat (3/9/2021),  Briptu Berto mengatakan menjadi seorang polisi merupakan cita-cita sejak kecil. Namun, setelah menjadi polisi dan bertugas di Polres Manggarai Barat, tugas baru yang belum pernah terpikirkan olehnya  yaitu menjadi seorang wartawan polisi merupakan tantangan terberat, karena dirinya belum memiliki pengalaman di bidang itu.

” Saya dari kecil bercita-cita menjadi seorang  Polisi Republik Indonesia. Setelah saya menjadi anggota kepolisian dan bertugas di Polres Manggarai Barat, saya ditunjuk untuk menjadi Humas yang  memegang portal berita tribatanewsmanggaraibarat.com”, ungakapnya.

Baginya, tugas yang diberikan merupakan kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan oleh pimpinan  dan harus siap untuk dilaksanakan.

” Sebagai seorang anggota kepolisian, kami dididik untuk selalu siap dalam seluruh tugas dan tanggung jawab yang diberikan, termasuk menjadi wartawan polisi di Polres Manggarai Barat”, tuturnya.

Dirinya mengisahkan, awal menjalani tugas menjadi seorang wartawan polisi, sedikit mengalami kebingungan, lantaran tidak tahu harus memulai menulis berita dari sisih yang mana.

“Awalnya, ketika  saya memulai menulis berita saat itu sedikit mengalami kebingungan, karena jujur saya tidak punya pengalaman dalam menulis berita. Namun, karena tugas dan tanggung jawab, puji Tuhan saya bisa menyelesaikannya dan termuat di portal berita milik kami . Dari berita yang sama, saya bagikan kepada teman- teman media untuk dipublikasikan ke publik,”cerita Briptu Roberto. Selama menjalani tugas sebagai wartawan polisi, dirinya  selalu meluangkan waktu untuk membaca berbagi referensi untuk menambah wawasan dalam memperkuat setiap tulisan yang disajikan kepada masyarakat.

“Jujur saja ya, selama ini saya sering meluangkan waktu untuk membaca berbagai referensi, baik di media online, cetak dan berbagai buku. Tujuanya, untuk menambah wawasan saya dalam menulis berita”, jelasnya.

Ia mengaku, sangat senang menjadi wartawan polisi di Polres Manggarai Barat karena dalam setiap momen penting dalam berbagai kegiatan, dirinya sering dilibatkan dan dapat berjumpa langsung serta berdekatan degan pejabat-pejabat kepolisian dan pemerintah.

“Kalau ditanya soal itu, sudah pasti saya merasa sagat senang dan bangga, yang mana menjadi seorang wartawan polisi saya selalu dilibatkan dalam kegiatan besar di institusi Polri dan pemerintah, yaitu saya bisa berdekatan dengan Wakapolri dan petinggi-petinggi lainya meskipun di situ saya hanya anggota biasa, namun saya bangga karena tidak semua anggota akan merasakan hal yang sama seperti saya”, ucapnya sambil tersenyum.

Briptu Berto juga mengatakan, selama menjalani tugas sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia dan membidangi tugas sebagai wartawan polisi, dirinya selalu memulai segala sesuatu dengan doa.

“Selama menjalani tugas-tugas saya, semuanya memulainya dengan doa. Saya percaya, bahwa apa yang saya lakukan sekarang ini, merupakan berkat dari Tuhan Yesus, sehingga saya yakin dengan doa, Tuhan Yesus akan memberkati saya,” ucapnya.

Dari ketekunannya, menjalani tugas sebagai wartawan polisi, disambut baik dikalangan jurnalis Manggarai Barat.

Paul Tengko, salah satu  Wartawan Floresku.com mengapresiasi setiap karya jurnalistik yang ditulis  Briptu Berto.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Briptu Berto dalam setiap hasil karya jurnalistiknya, karena selama ini kami merasa terbantu dengan setiap informasi yang diberikannya kepada kami terkait informasi di kalangan kepolisian”, tutur Paul.

Hal yang sama juga diutarakan Alexandro Hatol, Wartawan TVRI dan Engkos, Wartawan Kumparan.com, keduanya mengaku berkat adanya Briptu Berto segala informasi terkait pemberitaan Kepolisian Resor Manggarai Barat dapat diketahui dengan cepat dan akurat. (fon)