LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) akan menyerahkan 200  sertifikat tanah di Desa Galang, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat  pada Rabu, 1 September 2021.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Pertanahan Manggarai Barat,  Budi Hartanto kepada wartawan media ini di ruang kerjanya di Labuan Bajo, Senin ( 30/8/2021 sore.

“Hari Rabu, 1 September 2021,  kami akan melakukan penyerahan sertifikat tanah  Program Pendaftaran Tanah Sistimatis  Lengkap (PTSL)  di Desa Galang,  Kecamatan Welak sebanyak 200 bidang tanah,”   kata Budi.

Dari 1.600 bidang tanah yang ditargetkan untuk Desa Galang, kata Budi, yang sudah tersertifikat baru 200 bidang tanah. Sedangkan, ratusan masyarakat lainnya belum mengumpulkan berkasnya.

Baca juga :  DPD PAN Mabar Gelar Doa Bersama Agar Indonesia Segera Pulih dari Covid-19

Program PTSL ini, lanjut dia, merupakan program strategis nasional yang sudah direncanakan oleh Presiden Jokowi, untuk melakukan percepatan pendaftaran tanah di semua provinsi, kabupaten/kota di Indonesia.

“Program ini merupakan program strategis nasional yang direncanakan oleh Presiden Jokowi. Jadi, Presiden Jokowi mencanangkan percepatan pendaftaran tanah di seluruh provinsi, kabupaten/kota di Indonesia.  Pemerintah Pusat (Pempus) menargetkan Tahun 2024  semua bidang tanah di Indonesia sudah tersertifikat,” sebut Budi.

Untuk Kabupaten  Manggarai Barat sendiri, tahun ini ada 4 desa yang mendapatkan program PTSL, yakni  Desa Nggorang, Desa Compang Longgo, Desa Galang dan Desa Watu Tiri dengan target 3.170 bidang tanah.

Di Kecamatan Komodo sendiri, menurut dia,  belum semuanya tersertifikat. Namun, ia berjanji, secara bertahap akan didata untuk dilakukan sertifikasi seluruh bidang tanah di Manggarai Barat tanpa dipungut biaya, kecuali biaya kelengkapan berkas permohonan, dan pemasangan patok batas ditanggung oleh masyarakat sendiri. (fon)