SITUASI virus corona yang melanda Indonesia bahkan dunia, tak menyurutkan niat anggota komunitas untuk menyelamatkan alam dan lingkunagan. Pada Februari 2020 di Kota Destinasi Super Premium Labuan Bajo hadir produksi terpusat pembalut wanita berbahan kain yang bisa dicuci dan digunakan berkali-kali.


Pembalut kain yang sudah diuji bahkan sudah banyak peminat tersebut tidak memiliki dampak buruk pada alat reproduksi gadis dan wanita dewasa karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti bahan pemutih. Jika dibandingkan dengan pembalut sekali pakai yang terjadi akan berdampak pada lingkungan seperti sampah dari bahan pembalut sekali pakai tersebut.
Hadirnya pembalut kain ini ada keuntungan tersendiri bagi konsumen karena dibeli sekali, pakainya berkali-kali dengan dicuci ulang menggunakan sabun dan air bersih.


Pendamping Perfect Fit Labuan Bajo, Donatus Dula mengatakan, produksi pembalut wanita kain ini bertujuan mendorong masyarakat untuk mulai mencintai dan menjaga alam dengan tidak mengunakan fasilitas berbahan plastik.
Kata dia, produksi pembalut wanita yang berbahan kain juga bukan semata-mata untuk mencari keuntungan melainkan untuk melestarikan alam agar bebas dari sampah plastik yang merusak lingkungan, apalagi berada di Kota Wisata Super Premium.


“Kain pembalut yang kita produksi sangat ramah lingkungan. Menyelamatkan perempuan dan generasi sehingga sayangi ibu dan bumi. Kami bukan sekedar jualan tetapi menyanyangi alam dan lingkungan,”tutur Donatus Dula kepada media ini di Rumah Produksi di Lancang Kota Labuan Bajo, Rabu (25/8/2021).

Baca juga :  Satlantas Polres Mabar Lakukan Donor Darah


Para penjahit pembalut wanita yang ada di lembaga Perfect Fit tersebut merupakan penjahit profesional yang telah mendapat pelatihan dari berbagai lembaga.
Disamping itu juga bisa mempekerjakan orang yang membutuhkan pekerjaan tentunya sesuai dengan kebutuhan produksi.


“Pembalut kain perfect fit ini oleh konsumen kita selama ini dikenal dengan ramah tubuh, ramah lingkungan dan hemat biaya.


Pembalut ini tanpa bahan kimia karena bahan dasarnya dari kain. Ramah lingkungan karena tanpa kandungan plastik dan bisa hemat karena sekali dibeli dapat digunakan berkali-kali,” ujarnya.


Menurut Donatus, saat sekarang memang terkendala dalam upaya pemasaran. Namun berbagai cara yang dilakukan oleh timnya agar perfect fit ini masih bisa dipasarkan, bahkan di luar daerah pun tetap bisa dikirim tergantung permintaan konsumen. Kendala lain kata dia, masih kurang pengertian dari konsumen terhadap perfect fit ini sehingga pihaknya terus memberikan edukasi kepada konsumen meskipun terbatas karena situasi Covid-19.


Perfect fit merupakan pembalut kain cuci ulang yang memberikan pilihan hemat dan pintar untuk perempuan ketika menstruasi. Pembalut ini terdiri dari kain yang aman dan nyaman bagi tubuh perempuan. Produk ini dibuat oleh penjahit lokal di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, yang terlatih untuk memproduksi pembalut cuci ulang yang berkualitas dengan harga terjangkau dan nyaman.

Baca juga :  Gubernur VBL Dukung Laut NTT Akan Dilintasi KLTS 


Manfaat pembalut jenis ini kata Donatus, merupakan pembalut yang ramah lingkungan karena dapat digunakan berkali-kali pengguna hanya mencucinya kembali dengan sabun dan air yang bersih.
Pembalut jenis ini merupakan pembalut yang ramah lingkungan karena dapat digunakan berkali-kali ( cuci ulang ) sehingga dapat menghemat biaya.

Pembalut ini juga tidak memiliki dampak buruk pada alat reproduksi gadis dan wanita dewasa karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti bahan pemutih.


Pembalut perfect fit terdiri dari 4 bahan kain. Kain pertama adalah dry fit yang dapat menjaga permukaan pembalut agar tetap kering.


Kedua, adalah kain penyerap berbahan fleece untuk menampung darah menstruasi.


Ketiga adalah kain anti air yang berfungsi untuk mencegah kebocoran.
Kemudian paling luar ada kain bercorak batik yang membuat masa mentruasi menjadi lebih menyenangkan. Pembalut perfect fit tersedia dalam dua ukuran yaitu pembalut siang 27×10 cm dan pembalut malam 30×12 cm.

Baca juga :  Polisi Pantau Harga Obat di Sejumlah Apotek di Mabar


Menstruasi adalah proses normal yang dialami oleh hampir semua perempuan dari awal usia reproduktif (10-16 tahun) sampai akhir usia reprodukti/ monopause (48-55 tahun) .
Saat mulai menstruasi, perempuan memerlukan sesuatu untuk dapat menampung darah menstruasi.
Cara pemakaiannya pertama, sebelum dipakai, cucilah pembalut terlebih dahulu dengan air dan sedikit sabun/deterjen lalu jemur hingga kering.


Kedua, setelah kering, pasang pembalut pada celana dalam lalu kancingkan.
Pantauan media ini di rumah produksi, Rabu ( 25/8/2021) siang, tim produksi dari rumah perfect fit tersebut tetap semangat bekerja dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.


Secara legalitas


Perfect Fit ini telah mengantongi izin usahanya dengan nomor induk 0275010142043 dengab nama PT. Putri Fajar Inspirasi berkantor pusat di Bali dan yang merupakan rumah produksi induknya di Labuan Bajo.
Untuk info lebih lengkap kunjungi facebook perfect fit Indonesia (fon)