LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) dilaksanakan secara virtual di Aula Pemda Manggarai Barat, Jalan Frans Nala  Labuan Bajo, Selasa (17/8/2021) pagi.

Upacara secara virtual itu  dihadiri Bupati Mabar,  Edistasius Endi, SE, Wakil Bupati Mabar, dr. Yulianus Weng, M.Kes., Ketua DPRD Mabar Martinus Mitar, A.md., Kapolres Mabar, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si, Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav. Ivan Alfa, S.Sos., Danlanal Labuan Bajo Mayor Laut (KH) Budi Purworto, S.T., M.T, Ketua Pengadilan Negeri Labuan Bajo, Ni Made Dewi Sukrani, SH., Ketua Pengadilan Agama Labuan Bajo, Tomi, SH, Danki Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Manggarai Barat, AKP Raymundo De Jesus, SH., Danpos AU Lettu Kal. Sigit Gunarto dan Kepala BOPLBF Mabar, Shana Fatina serta anggota Paskibraka Kabupaten Manggarai Barat.

Upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 Tahun 2021 ini mengusung tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.”

Tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” mendeskripsikan nilai–nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Upacara secara virtual itu berjalan penuh  hikmat itu dengan tetap mengikuti disiplin protokol kesehatan dan setiap peserta yang memasuki Aula Pemda Manggarai Barat telah melaksanakan Rapid Test Antigen serta memiliki hasil negatif (non reaktif).

Sedangkan, untuk acara ceremonial peringatannya sendiri dilakukan di Istana Negara Jakarta yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Ditemui selesai pelaksanaan kegiatan tersebut, Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. memberikan ucapan selamat di Hari Kemerdekaan kali ini.

“Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, Merdeka!!!,” ungkap Kapolres Manggarai Barat dengan penuh semangat.

Ia juga mengatakan, saat ini Indonesia sedang menghadapi ujian akibat pandemi Covid-19 yang berdampak multidimensi baik kesehatan, ekonomi serta sosial.

“Dimasa pandemi ini sebagai bangsa yang besar, kita sedang diuji, apakah kita dapat bersatu padu membawa bangsa ini bangkit dari keterpurukan kesehatan dan ekonomi yang menghantam. Jangan biarkan semangat persaudaraan, gotong–royong dan solidaritas pudar,” tuturnya.

Perwira dengan bunga dua di pundaknya itu juga berharap, di momen kemerdekaan tahun ini, seluruh rakyat Indonesia akan semakin bersatu dalam setiap langkah dan pengabdiannya terhadap bangsa dan negara.

Lebih dari itu, di tengah masih berlangsungnya pandemi Covid-19  saat ini, dia juga berpesan untuk saling bergotong–royong dan bahu–membahu dalam upaya pencegahan maupun penanganannya.

“Mari kita manfaatkan momentum kemerdekaan ini untuk senantiasa bahu–membahu agar pandemi ini dapat segera berakhir dan bangkit dari berbagai dampak yang telah ditimbulkan,” kata Kapolres Mabar itu.

Alumnus Akpol Angkatan 2000 itu pun memberi apresiasi kepada semua pihak di Manggarai Barat yang sudah kompak bersama mengatasi dampak kesehatan dan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“Polres Manggarai Barat dengan semangat Kemerdekaan akan terus membantu pemerintah dalam memutus mata rantai virus Covid-19, Kami berharap bisa berjuang bersama dalam memerangi virus ini agar Indonesia secepatnya pulih kembali,” pungkas AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

Selain itu, sesuai Intruksi Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 ini juga dilaksanakan di lapangan apel Mapolres Manggarai Barat yang dipimpin langsung oleh Wakapolres Mabar, Kompol Eliana Papote, S.I.K., M.M. yang diikuti oleh personil Polres Manggarai Barat, personil Brimob Kompi 4 Yon B Manggarai Barat dan Pos Pol Air Polda NTT. (fon/*)