DALAM alam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke- 76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kecamatan Lamba Leda Utara mengadakan beberapa perlombaan, diantaranya,  lomba kebersihan, pagar indah,  gapura,  pasang umbul umbul,  spanduk atau baliho bertuliskan pesan -pesan kemerdekaan,  serta bendera mera putih tingkat OPD-UPT dan semua Desa se-Kecamatan LAMBA Leda Utara. Dalam lomba itu, Desa Satar Padut dan UPTD Puskesmas Weleng meraih juara 1 pada masing masing kategori perlombaan.

Selain penghargaan bagi juara lomba.  Pemerintah Kecamatan Lamba Leda Utara juga memberikan piagam penghargaan kepada pasukan Paskibra pengibar bendera dan para instruktur.

Hadiah kejuaraan bagi pemenang pada perlombaan ini dalam bentuk piagam penghargaan, dan diumumkan usai upacara peringatan detik detik proklamasi kemerdekaan RI Ke- 76 tingkat Kecamatan Lamba Leda Utara di Lapangan Sepak Bola Dampek, Selasa ( 17/8/2021).

Camat Lamba Leda Utara, Agus Supratman kepada media usai menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang  mengatakan,  pihaknya menyelenggarakan event perlombaan kebersihan, pagar indah,  gapura,  pasang umbul umbul,  spanduk dan baliho yang bertuliskan pesan–pesan kemerdekaan,  serta memasang bendera merah putih selama bulan Agustus. Tujuannya, untuk membangkitkan semangat nasionalis bangsa serta menumbuhkembangkan rasa memiliki bangsa dan negara bagi masyarakat Lamba Leda Utara.

“Event ini, kami selenggarakan selain bentuk ucapan terima kasih kepada para pahlawan pendahulu bangsa,  juga untuk menumbuhkembangkan jiwa atau rasa memiliki bangsa dan negara.  Sebab,  saat ini banyak yang tidak tau berterima kasih kepada pendahulu bangsa”, kata Agus. 

Baca juga :  Kepala BPN Mabar Serahkan 200 Sertifikat Tanah di Desa Galang

Agus menambahkan, semangat nasionalis anak bangsa saat ini makin lesuh.  Untuk itu, perlu diberi suport dan semangat, agar jiwa nasionalis itu bangkit.

“Itu salah satu pola yang kami buat di Kecamatan Lamba Leda Utara untuk memancing pengetahuan generasi muda akan perjalanan panjang sejarah  bangsa dalam meraih kemerdekaan.  Kalau para pahlawan relakan darah dan nyawa untuk kemerdekaan,  kita hanya korbankan keringat dan waktu untuk bersyukur sebagai tanda atau wujud terima kasih kepada pendahulu bangsa lewat berbagai lomba kreasi positif mengisi bulan kemerdekaan”, jelas Agus.

Agus mengurai,  lomba kebersihan,  pagar indah,  gapura,  umbul umbul,  baliho dan spanduk bertuliskan pesan- pesan kemerdekaan serta pasang bendera merah putih dilombakan selama bulan Agustus dan masa penilaian dilakukan sejak tanggal 1 –15 Agustus 2021.

Metode penilaian sangat sederhana, antara lain,  hasil kreasi warga bersama instansi di upload pada Group WA Kecamatan Lamba Leda Utara,  diposting di medsos seperti FB dan sejenisnya serta hasil pantauan keliling pihak kecamatan. 

“Tiga metode penilaian sederhana ini dipilih demi mengajarkan kita untuk berkreasi,  berinofasi dan bersosialisasi. Kreasi – inovasi dan sosialisasi adalah bagian dari edukasi bagi sesama. Ruang ini, saya buka agar semua potensi yang ada pada diri kita bisa diekspresikan”, urai Agus.

Perlombaan dibagi dua kategori,  antara lain,  kategori desa se-Kecamatan Lamba Leda Utara dan kategori OPD-UPTD dan UPT sekolah se-Kecamatan Lamba Leda Utara.

Baca juga :  Nali : Pembangunan Persemaian Modern di Labuan Bajo Murni Bantu Masyarakat

Untuk tingkat OPD-UPTD dan UPT sekolah/lembaga pendidikan, juara IV diraih UPTD Puskesmas Dampek, juara III diraih SDI Wae Waru, juara II  diraih UPT SMPN 2 Lamba Leda Utara di Weleng dan juara I  diraih UPTD Puskesmas Weleng.

Sedangkan, kategori desa,  juara IV diraih Desa Satar Punda, juara III diperoleh Desa Golo Munga Barat, juara II  diraih oleh Desa Golo Mangung dan juara I   diraih oleh desa di Ibu Kota Kecamatan Lamba Leda Utara yaitu Desa Satar Padut.

Selain memberi piagam penghargaan bagi  para juara lomba,  pihak Kecamatan Lamba Leda Utara juga memberi penghargaan bagi pasukan Paskibra pengibar duplikat bendera pusaka merah putih dan instruktur Paskibra.

“Kami juga memberi penghargaan bagi anggota Paskibra dan para instruktur. Kami lakukan ini karena hanya dengan cara itu kami berterima kasih kepada mereka atas dedikasinya dalam sejarah pertama Kecamatan Lamba Leda Utara merayakan HUT Kemerdekaan RI perdana usai dimekarkan dari kecamatan induk”, ucap Agus. 

Baca juga :  Polemik Hutan Bowosie, Ini Kata Ketua DPRD dan Bupati Mabar

Pelaksanaan upacara detik detik proklamasi peringatan HUT  Ke- 76 RI  tingkat Kecamatan Lamba Leda Utara  itu berjalan aman,  lancar dan penuh hikmat.  Walau dikawal protokol kesehatan yang ketat,  seluruh peserta upacara yang jumlahnya sangat terbatasi itu,  tetap menunjukan warna semangat yang luar biasa. 

Camat Lamba Leda Utara,  Agus Supratman bertindak sebagai Inspektur Upacara, ADPRD Matim Dapil Lamba Leda dan Lamba Utara,  Ambros Don bertindak sebagai proklamator,  Robert Batak sebagai Perwira Upacara,  Lorens Pitang sebagai Komandan Upacara,  dan Resty Hasman juru pandu acara. Turut hadir pada upacara itu,  ADPRD Manggarai Timur,  Sifridus Hasman,  Kapolsek, Galus Keko, Babinsa, Bahrudin, Ketua TP-PKK Kecamatan Lamba Leda Utara, Ny.  Bernadeta Endang Supratman,  Pimpinan OPD-UPTD tingkat kecamatan dan beberapa tokoh masyarakat serta undangan lainnya (edi).