LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com – Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum  mengingatkan jajarannya di Polres Manggarai Barat untuk memperhatikan 4 hal penting dalam penanganan Covid-19  sesuai arahan Presiden Jokowi  yang dituangkan dalam Inmendagri dalam level–level yang sudah ditentukan.

Empat hal penting yang disampaikannya dalam tatap muka bersama personil Polres Manggarai Barat di Aula Kemala Bhayangkari Polres Mabar, Jumat (13/8/2021) siang itu,  yang pertama pembatasan mobilitas masyarakat, karena mobilitas dapat dilihat dari satelit.

Selanjutnya, melakukan pengecekan door to door ke tempat usaha bekerja sama dengan Satpol-PP dan instansi terkait maupun Satgas. Dalam hal menegakan hukum yustusi harus tegas, tapi humanis dan  mematuhi Prokes 5 M dan 3 T.

Kedua, optimalkan giat tracing di lapangan atau digital. Awali dengan perencanaan dengan baik. Latih anggota, lakukan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Kapolsek dalam melaksanakan tugas dengan baik.

Baca juga :  Panitia Pembangunan Rumah Gendang Lana Temui Bupati Mabar

Ketiga, segera bentuk Isoter (isolasi terpusat). Masukan, buat papan besar berisikan foto dan laporan pelaksanaan kegiatannya. Jadi orang mengetahui bahwa di dalam merupakan ruang steril untuk isolasi pasien Covid-19.

Keempat, percepatan vaksinasi. kerja sama dengan instansi lainnya untuk membentuk vaksinasi terpadu dan mobil senyum, terutama jika ada kunjungan dari Kapolri atau Panglima.

Terkait kesiapan pelaksanaan IAWP, Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum perintahkan untuk selalu lakukan cipta kondisi yaitu membawa pesan seperti kegiatan ini untuk kemajuan Labuan Bajo dan meningkatkan citra Labuan Bajo. Untuk itu, tetap lakukan penggalangan ke masyarakat.

“Lakukan mapping kerawanan di venue Labuan Bajo, rangkul Toga, Tomas dan  libatkan stakeholder, tunjukan hasil kerja sama tersebut dengan pembangunan monument pertemuan HUT Polwan se-dunia. akan menjadi spot dan tempat pariwisata. Untuk menjadi tinggalan / legacy,” jelasnya.

Baca juga :  Diduga, Penyebab Kebakaran KM Lexxy dari Genset

Kapolda juga berharap untuk siapkan hal–hal yang unik dan menarik untuk menarik perhatian para pengunjung. Ia juga meminta untuk siapkan personil dan alsus guna mendukung kegiatan tersebut.

“Polda NTT menjadi leading sector pendukung Divhubinter. Buat rencana kebutuhan  anggaran dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Antisipasi setiap celah dan resiko akan terjadinya sebuah masalah,” tegasnya.

Diakhir pertemuan, Kapolda mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan prestasi yang telah dibuat oleh anggota untuk Labuan Bajo.

“Jaga nama baik Institusi Polri. Kita harus lebih proaktif dan kompak dalam menjaga program pemerintah pusat,” tandasnya.

Ikut mendampingi Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum saat itu, Irwasda NTT Kombes Pol Zulkifli, S.S.T., M.K., S.H., M.M., dan Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K, M.Si.

Baca juga :  Satlantas Polres Mabar Bersama KMPK Kupang Sosialisasi PPKM di Tengah Pandemi Covid-19

Turut hadir dalam kegiatan itu, para pejabat utama Polda NTT terdiri dari Dirkrimsus Polda NTT, Dansatbrimobda NTT, Ditpolairud Polda NTT dan Dirintelkam Polda NTT serta para perwira Polres Manggarai Barat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. (fon/*)