RUTENG, NTT PEMBARUAN.com- Kehadiran Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit, SE., MA, di SMPN 4 Langke Rembong, Senin (2/8/2021) untuk memastikan pelayanan pemerintahan di bidang pendidikan tetap berjalan.

“Kunjungan hari ini untuk mengatakan kepada kita semua bahwa kehidupan di luar harus tetap berjalan. Bahwa ada pembatasan-pembatasan, betul. Tetapi sebagai Bupati Manggarai, saya harus memastikan bahwa meskipun ada pembatasan, pelayanan kepada masyarakat termasuk di bidang pendidikan itu tetap berjalan dengan adanya teknologi. Pesan moralnya, meskipun ada pembatasan, pendidikan anak-anak kita harus juga tetap menjadi prioritas,” ungkapnya.

Dalam masa Covid-19, lanjutnya, bukan hanya kesehatan dan ekonomi saja yang menjadi prioritas namun sektor-sektor lain juga harus tetap mendapat perhatian dan tetap berjalan dengan pembatasan sesuai protokol kesehatan.

Di lain pihak, kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi sekaligus memberi semangat kepada siswa-siswi dan para guru di SMPN 4 Langke Rembong yang melaksanakan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) model dalam jaringan (Daring) selama masa pandemi Covid 19.

Baca juga :  Kantor LL Dikti Wilayah XV NTT Dibangun Tahun 2022

“Kita semua tahu bahwa SMP Negeri 4 Langke Rembong, termasuk salah satu sekolah yang punya inisiatif melaksanakan dan secara konsisten menjaga dan merawat inisiatif pembelajaran secara daring, secara online,” katanya.

Oleh karena itu, Bupati Hery berharap agar Dinas Pendidikan dapat mereplikasi pola pembelajaran secara daring ini ke sekolah tingkat dasar dan tingkat pertama di wilayah Kabupaten Manggarai.

“Jangan takut. Ini soal mau atau tidak mau. Pasti akan ada kendala, pasti akan ada tantangan tapi kita jangan terlena dan takut dengan tantangan. Saya kira SMP Negeri 4 membuktikan bahwa semua harus dimulai. Seribu kilo itu dimulai dari langkah pertama. Pelihara semangat itu, konsisten dengan itu, jalani jalan itu” ungkapnya.

Terkait ketersediaan materi pembelajaran, Bupati Hery berharap agar pihak sekolah dapat memanfaatkan dana BOS untuk menyediakan kopian bahan ajar kepada peserta didik. Namun, di lain pihak ia berharap orang tua turut mendukung upaya dalam rangka memudahkan pembelajaran anak-anak.

Baca juga :  56 Sekolah di Mabar Belum Miliki Sertifikat Tanah

“Dalam masa pandemi ini, tugas berat bagi guru untuk membuktikan. Hari ini jadi guru tidak gampang. Dari sisi pengajaran mungkin tidak soal, namun dari sisi pendidikan, itu harus diupayakan. Konsep kita agar anak-anak kedepannya jadi lebih baik,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Hery melihat secara langsung proses pembelajaran secara online pada setiap kelas.

Sementara itu, Kepala SMPN 4 Langke Rembong, Drs. Resman W.Yan dalam kesempatan itu mengatakan kehadiran Bupati Manggarai memberikan kebanggaan tersendiri bagi para guru di SMPN 4 Langke Rembong.

Dijelaskannya, selama masa pandemi dua tahun ini SMPN 4 Langke Rembong terus berproses meningkatkan mutu pendidikan dengan menggunakan teknologi informasi yang ada.

“Selama masa pandemi dua tahun lebih kami dalam  proses belajar mengajar telah menggunakan teknik  daring, variasi dan tatap muka. Hari ini pa Bupati hadir untuk menyaksikan lebih dekat proses pembelajaran berbasis online” jelasnya.

Baca juga :  Wagub NTT : Kehidupan Bertoleransi Tak Boleh Saling Menghina

Ditambahkannya, SMPN 4 Langke Rembong dari tahun ke tahun terus berupaya untuk meningkatkan proses pembelajaran daring dimana menggunakan aplikasi dalam pelaksanaan ujian semester. Hal itu, menurutnya tidak terlepas dari dukungan semua pihak.

“Dukungan dari dinas pendidikan juga sangat luar biasa sehingga proses pembelajaran daring ini berjalan dengan lancar, terutama dukungan dari orangtua yang begitu besar,” tuturnya. (fon/*)