KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat meminta agar Dewan Pengurus Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (DPD PHRI) NTT untuk turut mendukung dan berpartisipasi aktif bersama Pemprov dalam membantu pertumbuhan ekonomi NTT.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat saat memberikan sambutan dalam Musyawarah Daerah III DPD PHRI Provinsi NTT di Hotel T-More Kupang, Kamis (29/7/2021).

“Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kita, terutama di sektor pariwisata maka PHRI harus punya langkah-langkah hebat dan sinergi bersama pemerintah daerah. Karena itu, saya dorong terus untuk kerja sama kelembagaan. Cara kerja kita harus bersinergi dan tidak kerja individual,”kata Gubernur Laiskodat.

“Kita dorong pola kerja extraordinary dan juga semangat kerja out of the box, semangat kerja kelembagaan, percepatan digital, serta saling terbuka satu sama lain. Saya mau ke hasil komoditi kita harus dipasarkan di hotel-hotel kita dan juga restoran-restoran. PHRI harus bisa terus menggandeng UMKM kita,” tambahnya.

Baca juga :  Polres Mabar Gelar Apel Operasi Patuh Ranakah 2021

“Kita harus bangga komoditi kita dipakai orang lain yang berkunjung ke sini. Misalnya, kopi asal NTT harus ada di hotel-hotel dan restoran yang bahan makanannya datang dari masyarakat NTT. Karena itu, kita semua harus menjadi market untuk produk-produk yang kita miliki,” jelas orang nomor satu NTT itu.

Dalam sambutannya, Gubernur juga meminta agar PHRI bisa mengambil peluang dalam mendukung pariwisata NTT.  “PHRI harus bisa mendukung Pemerintah Provinsi NTT dalam pengembangan pariwisata. Pemerintah bangun infrastruktur dan PHRI turut mendukung pada pengembangan akomodasinya. Misalnya, bangun restoran di Timau Amfoang karena banyak pengunjung yang datang, juga restoran dibangun di Semau, serta di Mulut Seribu Rote Ndao dan lain-lain. Alam kita ini eksotiknya tinggi, maka manfaatkan dengan baik hal ini karena banyak pengunjungnya,” paparnya.

Baca juga :  Gubernur Minta Gereja Berkolaborasi Bangun Jemaat

Gubernur juga meminta agar pengembangan hotel di kawasan yang eksotis dengan dibangunnya hotel dengan level hotel bintang 4 , 5 dan seterusnya karena banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata di daerah tersebut.

Sementara itu, Ketua DPD PHRI NTT, Juvenile Jodjana, menyebutkan kurang lebih 455 hotel dan restoran yang tersebar di seluruh NTT akan berkomitmen bersama untuk mendorong ekonomi NTT.

“Kami juga komit untuk segera mensinergikan  program bersama Pemprov NTT, khususnya bidang pariwisata sebagai prime mover Provinsi NTT. Kami juga pastikan PHRI untuk menggunakan produk-produk UMKM di NTT seperti kelor, gula, kopi, cabe, coklat, dan lainnya,” jelas Jovenile. (red/*)