KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Para penumpang yang melakukan perjalanan udara, laut dan penyebrangan khusus di dalam wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dibebaskan dari syarat sertifikat vaksin.

Tanpa syarat surat vaksin itu dituangkan dalam Surat Kepala Dinas Perhubungan NTT, Isyak Nuka, ST,MM tanggal 29 Juli 2021  yang ditujukan kepada Operator Angkutan Udara, Operator Angkutan Laut dan Operator Angkutan Penyebrangan.

Surat bernomor : Dishub .550/553.2/316/VII/2021 perihal  penyesuaian perpanjangan pembatasan pelayaran angkutan udara, laut dan penyebrangan itu mencakupi 5 poin.

Pertama, perpanjangan pembatasan pelayanan angkutan udara, laut dan penyebrangan tetap berlaku terhitung mulai tanggal 27 Juli -8 Agustus 2021.

Kedua, perjalanan udara bagi penumpang dari luar wilayah NTT wajib menunjukkan minimal surat vaksin I, surat hasil negatif, Rapid Test Antigen yang berlaku 1 X 24 jam sebelum keberangkatan dan mengisi e-HAC Indonesia, sedangkan bagi pelaku perjalanan ke luar wilayah NTT mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku di daerah tujuan.

Ketiga, penyesuaian perjalanan udara bagi penumpang di dalam wilayah NTT adalah tanpa surat vaksin I, tetapi wajib menunjukkan surat hasil negatif Rapid Test Antigen yang berlaku 1 X 24 jam sebelum keberangkatan dan mengisi e-HAC Indonesia.

Keempat, perjalanan penumpang dengan menggunakan kapal laut, kapal perintis, kapal motor penyebrangan dan kapal pelayaran rakyat yang masuk dari luar NTT ke wilayah  NTT tidak diperbolehkan atau dilarang masuk.  Sedangkan, moda transportasi laut dan penyebrangan yang melayani pelaku perjalanan di dalam wilayah NTT diperbolehkan dan beroperasi seperti biasa dengan ketentuan penumpang tidak menunjukkan surat vaksin I, tetapi wajib menunjukkan surat hasil negatif Rapid Test Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 X 24 jam sebelum keberangkatan dan mengisi e.HAC Indonesia.

Kelima, angkutan laut yang masuk dari  luar wilayah NTT ke dalam wilayah NTT hanya diizinkan/diperbolehkan untuk menyangkut barang dan logistik dengan ketentuan bahwa semua crew dan awak kapal laut wajib menunjukkan minimal surat vaksin I, surat hasil negatif Rapid Test Antgen yang berlaku 1 X 24 jam sebelum keberangkatan, sedangkan kapal laut yang akan ke luar dari wilayah NTT mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku di pelabuhan tujuan. (red/*)

Baca juga :  PPKM Level 4 di Kota Kupang Diperpanjang Hingga 24 Agustus 2021