LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com-  Peresmian Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tipe C Labuan Bajo ditandai dengan upacara di Lapangan Apel TNI Angkatan Laut Labuan Bajo, Kamis (22/7/2021) pagi.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Peresmian Pangkalan TNI AL (Lanal) Labuan Bajo, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP dengan peserta upacara dari Lantamal VII, Pasukan Marinir, Koramil 1612-02/Komodo, Polres Manggarai Barat, Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo, dan Pramuka Manggarai Barat serta instansi terkait.

Upacara peresmian Pangkalan TNI AL (Lanal) Labuan Bajo dilakukan secara sederhana dan terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Peresmian Lanal Labuan Bajo itu  ditandai dengan penandatanganan prasasti serta penekanan tombol sirine untuk pembukaan tirai papan nama Lanal Labuan Bajo oleh Danlantamal VII, Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP didampingi Bupati Manggarai Barat, Edi Endi,  Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si dan  Danlanal Labuan Bajo, Mayor Laut (KH) Budi Purwoto, S.T, M.T.

Baca juga :  Akibat Pandemi Covid-19, Perpustakaan Mabar Sepi Pengunjung

Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP dalam amanatnya  menyampaikan, bahwa peresmian Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo ini pada hakikatnya merupakan implementasi perencanaan strategis TNI Angkatan Laut dalam membangun kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) untuk mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh.

Sebagai salah satu komponen utama pertahanan negara, TNI Angkatan Laut mempunyai tugas pokok yang harus terlaksana dengan baik sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Dalam pencapaian tugas pokok tersebut, kekuatan TNI Angkatan Laut bertumpu pada Sistem Senjata Armada Terpadu yang terdiri dari KRI, Pesawat Udara, Marinir dan Pangkalan. Bertolak dari hal tersebut, peningkatan POSAL Labuan Bajo menjadi Pangkalan TNI Angkatan Laut tipe C Labuan Bajo, diharapkan dapat mewujudkan gelar Pangkalan TNI Angkatan Laut yang ideal guna memberi dukungan logistik dan administrasi bagi unsur–unsur TNI Angkatan Laut yang beroperasi.

Menurut Danlantamal VII, peningkatan POSAL menjadi Lanal Labuan Bajo ini, juga dimaksudkan untuk merespon dinamika politik, sosial, ekonomi dan kerawanan keamanan di wilayah perairan Labuan Bajo, Pulau Komodo dan sekitarnya yang merupakan salah satu destinasi wisata super premium dan prioritas.

Baca juga :  Polres Mabar Gelar Pemeriksaan Senpi Dinas Polri

Selain itu, letak geografis Lanal Labuan Bajo juga sangat strategis karena berdekatan dengan Selat Sape yang merupakan salah satu selat yang sangat rawan dalam aktivitas pelayaran, karena selain alurnya sempit dan arusnya kencang, Selat Sape juga sangat ramai dan menjadi pintu keluar masuk kapal–kapal dari Pulau Jawa ke Sumba, Timor, Alor serta Pantai Selatan Pulau Flores dan sekitarnya.

Meskipun berkedudukan di Labuan Bajo, kata dia, , namun wilayah kerja Pangkalan TNI Angkatan Laut, Labuan Bajo cukup luas yang berbatasan dengan 3 (tiga) kabupaten, meliputi Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur.

Oleh karena itu, mutlak dibutuhkan koordinasi dan kerja sama yang baik dengan seluruh pemerintah daerah dan aparat keamanan setempat, agar tugas pengamanan laut dan pembinaan potensi maritim di wilayah Labuan Bajo dapat dilaksanakan secara optimal.

Sebagai organisasi yang baru dibentuk, lanjut dia,  tentunya Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo perlu didukung oleh sumber daya manusia yang handal. Hal ini dikarenakan kunci keberhasilan dari suatu organisasi terletak pada faktor kualitas personil pengawaknya.

Baca juga :  Waket DPRD Mabar Terpilih Ikut Program IVLP

Setelah upacara peresmian Lanal Labuan Bajo dilanjutkan dengan meninjau Perumahan TNI AL yang bertempat di Padang Smip, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo.

Hadir dalam upacara tersebut, Bupati Mabar, Edistasius Endi, SE, Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi, M. Tr. Hanla., M.M., CTMP, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si, Danlanal Labuan Bajo Mayor Laut (KH) Budi Purwoto, S.T, M.T, Pabung Kodim 1612/Manggarai Mayor S. Hadi, Sekda Mabar, Fransiskus Sales Sodo, Kepala KUPP Unit II Labuan Bajo, Hasan Sadili serta tokoh agama dan tokoh masyarakat. (fon)