LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Ratusan warga Desa Gurung mengikuti program vaksinasi masal yang digelar Puskesmas Orong di lapangan bola  kaki SDK Lempa, Desa Gurung, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/7/2021).

Vaksinasi masal di desa  itu dibawa pengawasan ketat pihak kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dari tingkat kecamatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes), seperti memakai masker, mencui tangan,  dan menjaga jarak.

Para calon penerima vaksin satu persatu mendaftarkan diri ke petugas dengan menunjukkan identitas diri, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu keluarga

kemudian dilakukan tes  tekanan darah untuk  memastikan tekanan darah dalam kondisi normal sebelum menerima vaksin Covid-19.

Baca juga :  Kejari Labuan Bajo Belum Tetapkan Tsk Pengelola Aset Tanah Pemkab Mabar di Batu Cermin

Ratusan masyarakat kelihatan antusias menyambut program vaksinasi gratis yang dilakukan secara masal di desa itu.

Benediktus Hamat, Lasarus Nagur dan Imelda Jemamu yang adalah peserta penerima vaksin di desa itu  menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, lebih khusus para petugas kesehatan dari Puskesmas Orong kerjasama dengan Pemerintah Desa Gurung yang telah melakukan vaksinasi tahap pertama di desanya.

“Kami sangat senang dengan pola pelayanan sistem “jemput bola”  yang dilakukan seperti ini. Dengan sistem pelayanan seperti ini, masyarakat tidak lagi membuang biaya yang besar untuk mencari tempat pelayanan vaksinasi Covid-19,” kata Benek yang diaminkan Lasarus dan Imelda.

Benek juga mengajak masyarakat lainnya, untuk manfaatkan dengan baik program vaksinasi gratis yang dilakukan oleh pemerintah, sehingga ketika kemana-mana atau berurusan dengan  administrasi di instansi pemerintahan   tidak dipersulitkan hanya karena tidak memiliki kartu vaksin.

Baca juga :  Dua Mobil Damkar Berhasil Padamkan Si Jago Merah di Bukit Karanga

Program vaksinasi Covid-19 yang diterimanya kali ini merupakan vaksinasi tahap pertama, dan tahap kedua direncanakan tanggal 12 Agustus 2021 mendatang di lokasi yang sama, yakni lapangan bola kaki SDK Lempa. (red/fon)