LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Angkatan pertama tahun ini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Welak, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat telah dibekali Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama tiga hari, sejak tanggal 12—14 Juli 2021.

Marianus Yuda, S.Pd, salah satu guru SMKN 2 Welak yang  juga pemateri MPLS di sekolah itu kepada media ini, Rabu (14/7/2021) mengatakan, sekolahnya  telah melaksanakan MPLS selama tiga hari, terhitung sejak tanggal 12 –14 Juli 2021 dengan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yang ketat, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Materi hari pertama, pengenalan secara singkat terkait Jurusan Perikanan dan UPW, dilanjutkan hari kedua, tata krama siswa, tata tertib sekolah, kesadaran berbangsa dan bernegara, dan hari ketiga, materi kepemimpinan (leadership), pilar kebangsaan, peraturan baris berbaris (PBB), empat pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga :  Ketua Araksi NTT Dilaporkan ke Polda NTT

MPLS di sekolahnya diikuti 54 siswa tersebar di dua jurusan, yakni Jurusan Usaha Perjalanan Wisata 38 orang dan Jurusan Perikanan 16 orang.

Ia berharap, setelah mengikuti MPLS ini, anak-anak bisa mengedukasikannya  ke orangtua dan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19 dengan tetap menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dan menjauhi kerumunan.

Para peserta didik baru di SMKN 2 Welak, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat sedang mengikuti MPLS di sekolah itu, Selasa (13/7/2021)

Selain itu, para peserta didik baru memahami pentingnya sopan santun di dalam lingkungan keluarga, masyarakat dan ikut serta membela negara dengan cara mempertahankan empat pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

MPLS salah satu sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolahnya, baik itu perkenalan dengan sesama siswa barunya, para guru hingga karyawan di sekolah tersebut.

Baca juga :  Kapolda NTT Tatap Muka dengan Jajaran Polres Mabar

Untuk diketahui, tahun ini merupakan tahun pertama SMKN 2 Welak dibuka dengan mengantongi izin operasional Nomor : DPMPTSP 421.5/101/PTSP/VI/2021 dari Pemerintah Provinsi NTT melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) 70011318 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (red)