LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Unit Dikyasa Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Manggarai Barat dibawa pimpinan Bripka Yoseph Rivani Menong melakukan penertiban terhadap sejumlah kendaraan yang diduga milik tamu Mawar Hotel yang parkir di atas trotoar Jalan Soekarno-Hatta, Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),  Senin (12/7/2021) pagi.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. melalui Kasat Lantas IPTU Royke Weridity mengatakan, penertiban ini bermula dari patroli anggota di Kawasan Pariwisata Super Premiun Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Saat melintas di lokasi itu, kita menemukan ada dua mobil yang parkir di trotoar Jalan Soekarno—Hatta Kota Labuan Bajo, padahal itu tidak boleh,” ungkap IPTU Royke.

Pasalnya, trotoar seharusnya digunakan bagi pejalan kaki, tapi ini justru digunakan untuk tempat parkir. “Kita tertibkan, agar tidak menggunakan trotoar untuk parkir kendaraan bermotor,” tuturnya.

Baca juga :  Bhabinkamtibmas Polres Manggarai Barat Ikut Pelatihan 3T

Selain menertibkan kendaraan yang melanggar aturan tersebut, terang IPTU Royke Weridity, pihaknya juga langsung mengingatkan ke manajemen hotel agar tidak mengizinkan tamunya memarkirkan kendaraan di atas trotoar jalan.

“Kita dari Satlantas Polres Mabar kasih peringatan, karena itu kan trotoar bukan tempat parkir,” tegas Kasat Lantas.

Satlantas Polres Mabar, lanjut IPTU Royke Weridity, juga akan berkoordinasi dengan pihak pemerintah daerah guna memberikan sanksi tegas bagi pemilik hotel, restoran dan minimarket yang tidak menyediakan tempat parkir untuk tamu atau pengunjung, sehingga tidak memarkirkan kendaraannya di trotoar jalan.

“Kita juga akan berkoordinasi dengan Pemda untuk melakukan penertiban tersebut,” ujar IPTU Royke.

Mantan Kasi Propam Polres Mabar itu juga menegaskan, mobil dan sepeda motor yang parkir di trotoar merupakan pelanggaran lalu lintas serta dapat dipidana. Tindakan tersebut merenggut hak pejalan kaki untuk menggunakan trotoar.

Baca juga :  56 Sekolah di Mabar Belum Miliki Sertifikat Tanah

“Sudah jelas bahwa trotoar itu bukan untuk tempat parkir, trotoar untuk pejalan kaki,dan  fasilitas bagi pejalan kaki. Beberapa kali sudah kami imbau dan tertibkan. Nah, jadi untuk masalah trotoar ini nanti kami akan melakukan upaya–upaya, langkah persuasif dengan imbauan dan sampai melakukan tindakan,” ucap Kasat Lantas.

Perwira dengan balok dua dipundaknya itu menjelaskan pengendara yang melanggar akan ditindak berdasarkan undang–undang yang berlaku.

“Berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 275 ayat 1, pelanggaran berupa parkir kendaraan di trotoar dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak sebesar Rp 250.000,” jelasnya.

Baca juga :  Nali : Pembangunan Persemaian Modern di Labuan Bajo Murni Bantu Masyarakat

Tak lupa personil Satlantas Polres Mabar mengingatkan agar selalu menaati protokol kesehatan serta tidak bepergian terlebih dulu, melihat peningkatan angka Covid-19 yang terjadi di Manggarai Barat.

“Tentu masyarakat harus menaati Prokes 5M, selalu kenakan masker ketika berada diluar rumah, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Personel kami tak segan akan menegur pengendara yang melanggar Prokes,” tutup IPTU Royke Weridity. (fon/*)