LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com. Selasa, 6 Juli 2021, Polres Manggarai Barat mendirikan Gerai Vaksinasi Presisi guna melayani masyarakat Kabupaten Manggarai Barat yang ingin mendapatkan penyuntikan Vaksin Covid-19.

Kali ini, Gerai Vaksinasi Presisi melaksanakan kegiatan Vaksinasi massal Covid-19 yang ditujukan bagi personel Polri, keluarga personel, pelaku usaha, pelaku pariwisata, karyawan toko, dan karyawan Kantor Pajak Labuan Bajo, yang digelar di Aula Kemala Bhayangkari Polres Manggarai Barat, Selasa (6/7/2021) pagi.

Untuk petugas vaksinator berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat dan Puskesmas Labuan Bajo dibantu petugas Poliklinik Polres Manggarai Barat, di bawah Koordinator Wakapolres Mabar, Kompol Eliana Papote, S.I.K., M.M.

Kegiatan Vaksinasi dimulai pada pukul 08.30 Wita dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, baik petugas maupun terhadap peserta Vaksinasi yang diawali dengan pendataan peserta yang hadir.

Baca juga :  Satlantas Polres Mabar Bersama KMPK Kupang Sosialisasi PPKM di Tengah Pandemi Covid-19

Selanjutnya dilakukan screening terhadap peserta untuk mengetahui kondisi dan riwayat kesehatannya, guna menentukan layak atau tidaknya dilakukan Vaksinasi.

Setelah dinyatakan layak baru dilakukan penyuntikan Vaksin terhadap mereka, kemudian terhadap para peserta yang telah menjalani proses Vaksinasi ini dilakukan observasi dibawah pengawasan petugas medis untuk memastikan kondisi peserta tetap baik usai menjalani Vaksinasi.

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. melalui Wakapolres Mabar Kompol Eliana Papote, S.I.K., M.M. saat dikonfirmasi menjelaskan, Gerai Vaksin Presisi merupakan suatu konsep yang digagas oleh Bapak Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

“Gerai Vaksinasi Polri ini intinya akselerasi atau percepatan vaksinasi khususnya di Kabupaten Manggarai Barat dan Puji Tuhan warga sangat antusias,” jelasnya.

Baca juga :  Satlantas Polres Mabar Lakukan Donor Darah

“Vaksinasi ini diikuti sejumlah personel jajaran Polres Manggarai Barat dan Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo yang belum divaksin atau yang penundaan, keluarga personel (Bhayangkari dan anak–anak), pelaku usaha, pelaku pariwisata, karyawan toko dan karyawan kantor Pajak Labuan Bajo dengan jumlah peserta sebanyak 300 orang yang memenuhi syarat telah menjalani vaksinasi tahap pertama, selanjutnya dalam 2 pekan kedepan mereka akan kembali menjalani penyuntikan Vaksin tahap kedua sesuai ketentuannya,” ungkap Kompol Eliana Papote, S.I.K., M.M.

Menurut Wakapolres Mabar, Gerai Vaksinasi Presisi didirikan sebagai upaya mempertahankan kemampuan vaksinasi satu hari sejuta demi terwujudnya Herd Immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus SARS-CoV-2 tersebut.

Ia juga tidak memungkiri, kegiatan Vaksinasi pada Gerai Vaksinasi Presisi Polres Manggarai Barat ini adalah untuk membantu pemerintah agar jumlah masyarakat khususnya masyarakat Manggarai Barat yang mendapatkan vaksin bisa lebih banyak lagi.

Baca juga :  Jaringan Irigasi Wuncung di Mabar Belum Dikerjakan

“Dengan begitu, masyarakat Manggarai Barat bisa lebih cepat mengikuti program Vaksinasi Covid-19,” tukasnya.

Alumni Akpol angkatan 2006 itu juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Manggarai Barat yang sudah menerima vaksin untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah.

“Tetap gunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan,” tutupnya. (fon/*)