LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com. Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75  Bhayangkara Polres Manggarai Barat (Mabar) berlangsung secara virtual, Kamis (1/7/2021).  Upacara yang berlangsung di ruang Vicon itu diikuti Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K, M.Si bersama Forkopimda.

Upacara HUT Ke-75 Bhayangkara tahun ini  dipimpin secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

Dalam amanatnya, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, berpesan agar Polri memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara.

“Polri jangan sampai lengah dalam melaksanakan tugas pokok maupun saat menjaga keamanan. Pergunakan kewenanganan Polri secara bijak, ramah, presisi dan akurat dalam membuat kebijakan serta menjunjung tinggi norma dan martabat masyarakat,” pesan Presiden RI.

Presiden Jokowi juga berpesan kepada Polri untuk terus membantu percepatan penanganan Virus Corona (Covid-19) dan Polri diharapkan menjalin sinergi dengan penegak hukum lainnya.

Baca juga :  Warga Mabar Pertanyakan Proyek Persemaian Modern di Labuan Bajo

Dalam situasi yang sulit sekarang ini, ujar Presiden Jokowi,  kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat dibutuhkan,  mulai dari  tingkat Mabes, Polda, Polres, Polsek sampai Bhabinkamtibmas di desa-desa dan kelurahan.

Dikatakannya, Polri harus aktif terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial dan tentu saja menjaga keamanan dan ketertiban, agar situasi nasional tetap aman, kondusif dan damai.

Sementara itu, Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K, M.Si berharap momen spesial ini membawa semangat baru bagi jajarannya, terutama dalam memberi pelayanan di tengah pandemi Covid-19.

“Tantangan tugas hari ini kompleks. Utamakan peningkatan Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat. Untuk itu kita bersama–sama dituntut bekerja keras transformasi Polri Presisi dalam percepatan penanganan Covid-19,” tegas Alumnus Akpol 2000 itu.

Baca juga :  Pemprov NTT Tingkatkan Kesiapsiagaan Mengantisipasi Risiko Tumpahan Minyak di Laut

Ia melanjutkan, bahwa salah satu cara Polres Manggarai Barat menekan penyebaran Covid-19 yakni dengan kegiatan Vaksinasi menjangkau pulau terpencil beberapa waktu lalu yang dilakukan bekerjasama dengan TNI, Dinas Kesehatan Manggarai Barat, Puskesmas Labuan Bajo dan Klinik Omsa Medic Marina Labuan Bajo.

“Untuk Kabupaten Manggarai Barat, pada hari Sabtu (26/6/2021) kemarin telah dilaksanakan Vaksinasi di wilayah Desa Pasir Panjang dan selanjutnya secara bertahap akan dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Manggarai Barat,” katanya.

Kegiatan ini, selain memperingati hari lahirnya Korps Bhayangkara, juga sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Manggarai Barat.

“Ini juga upaya dari Polres Manggarai Barat untuk mencegah penyebaran dan menekan angka positif Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat, khususnya di Kota Pariwisata Super Premium Labuan Bajo,” ujar Kapolres Manggarai Barat.

Baca juga :  Pemdes Gurung Didorong Untuk Buka Jalan Baru Menuju SMKN 2 Welak

Selain melakukan Vaksinasi, Polres Manggarai Barat juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terkena dampak pademi Covid-19 .

Untuk diketahui, upacara tersebut juga dihadiri Bupati Mabar, Edistasius Endi, SE, Ketua DPRD Mabar, Martinus Mitar, A.md, Kajari Mabar, Bambang Dwi Murcolono S.H, M.H, Danlanal Labuan Bajo, Mayor Laut (KH) Budi Purwoto, S.T, M.T, Wakapolres Mabar, Kompol Eliana Papote, S.I.K, M.M, dan sejumlah tamu undangan lainnya. Acara diakhiri dengan syukuran bersama keluarga besar Polres Manggarai Barat. (fon)