Polres Mabar Lakukan Donor Darah Secara Massal

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 75 Tahun, Polres Manggarai Barat melaksanakan kegiatan donor darah secara massal yang berlangsung di Aula Kemala Bhayangkari Mapolres Mabar, Rabu  (23/6/2021) pagi sekitar pukul 08.30 Wita.

Kegiatan donor darah tersebut melibatkan Tim Kesehatan dari Klinik Polres Manggarai Barat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, RSUD Pratama Komodo serta Klinik Omza Medic Marina Labuan Bajo.

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. menerangkan, kegiatan donor darah tersebut diikuti seluruh jajaran Polres Manggarai Barat, mulai dari Polsek–Polsek hingga anggota Bhayangkari ditambah dari personil TNI.

“Kegiatan sosial kemanusiaan ini merupakan agenda dalam menyambut Hari Bhayangkara ke-75 Tahun,” ujar Kapolres Bambang.

Baca juga :  Gubernur NTT Dukung Pembangunan Bendungan Kolhua

AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. mengungkapkan, donor darah secara massal ini, Polres Manggarai Barat melibatkan 88 anggota TNI-Polri untuk mengikuti donor darah tersebut.

“Alhamdulillah dari 88 personel gabungan TNI-Polri yang melaksanakan Donor Darah, di dapatkan sebanyak 39 labu darah, sedangkan 49 personel tidak dapat mengikuti Donor Darah, dikarenakan tensi darah yang tidak memenuhi persyaratan,” ungkap Alumnus Akpol 2000 itu.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan sosial itu dilaksanakan melalui proses asesmen medis yang ketat.

Menurutnya, tidak semua anggota dapat melaksanakan donor darah, sebab bergantung pada kelayakan atau kondisi fisik kesehatan dari masing–masing anggota.

“Tentu sebelum donor darah, terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatan dengan ketat. Apalagi seperti kondisi saat pandemi ini,” tuturnya.

Baca juga :  Dekranasda Mabar Dorong Pelaku UMKM Berinovasi

Ia menjelaskan, untuk mengantisipasi hal–hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, dilakukan juga penerapan standar operasional prosedur (SOP) kesehatan terkait pencegahan penularan Covid-19.

“Pada pelaksanaan donor darah, yang pasti penerapan protokol kesehatan dilaksanakan dengan ketat,” katanya.

Selain dalam rangka menyambut hari Bhayangkara, lanjut dia, bahwa kegiatan sosial dengan donor darah ini merupakan bentuk empati terhadap masyarakat. Selain itu, bertujuan untuk menanamkan kepada anggota TNI-Polri untuk dapat memberikan sumbangsih dalam hal kebutuhan pasokan darah. Pasalnya, darah merupakan bagian penting dari manusia.

Ditambahkannya, bahwa ditengah pandemi seperti sekarang ini, banyak masyarakat kesulitan mendapatkan darah karena jumlah pendonor tidak sebanding yang membutuhkan stok darah.

Baca juga :  Cegah Penularan Covid-19, Polres Mabar Batasi Jam Malam Hingga Pukul 21.00 Wita

“Saya berharap kegiatan Donor Darah dapat membantu ketersediaan darah di Kabupaten Manggarai Barat. Dengan demikian, diharapkan hal ini dapat bermanfaat dan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan donor darah tersebut,”pungkasnya. (fon/*)