Konsep Smart City Akan Dikembangkan di Labuan Bajo

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com Wakil Bupati Manggarai Barat,  dr. Yulianus Weng mengatakan, konsep Smart City  (Kota Cerdas,red) akan dikembangkan di Kota Labuan Bajo, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat pada waktu mendatang.

“Terkait dengan ini,  Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dalam hal ini Bupati Manggarai Barat sudah melakukan  Memarandum of Understanding (MoU) dengan Mentri Kominfo tanggal 20 Mei 2021 lalu”, kata dokter Weng kepada media ini di ruang kerjanya, Kamis (24/6/2021).

Dikatakanya,  Manggarai Barat  salah satu kabupaten yang telah mendapat  bimbingan teknis (Bimtek) kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari  Kementerian Kominfo selama 2 hari di Labuan Bajo, dan tahap selanjutnya nanti akan menyusun master plan  Smart City (Kota Cerdas,red).

Baca juga :  Kesulitan Biaya, Jasad Almarhumah Siti Hawa Masih Tertahan di Bali

Menurut dia, program Smart City ( Kota Cerdas) sejalan dengan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, yaitu  Mabar Bangkit Menuju Mabar Mantap.  “Kita tahu kota cerdas ini menjadi impian semua kota di seluruh Indonesia. Dan’ itu,  kalau orang mau maju, mau dikenal dan mau melaksanakan pemerintahan dengan baik,” tandas Weng.

Dengan Smart City, kata weng,   yang pertama ada transparansi di sana. Apa yang dibuat pemerintah ini semuanya nanti akan terdigitalisasi.  “Siapa saja bisa mengakses. Apa lagi kita tau harapan Bapak Menkominfo sudah menjanjikan bahwa dalam waktu dekat Labuan Bajo ini menjadi bukan lagi 4G, tapi 5G,” cetusnya.

Jadi, dengan sistem smart governance  ini, lanjut dia,  transparansi akuntabilitas pemerintahan terwujud karena semuanya akan terbuka terdigitalisasi,  sehingga masyarakat juga bisa melakukan fungsi kontrolnya terhadap kinerja pemerintah.

Baca juga :  Wabup Mabar : ASN Harus Jadi Panutan Bagi Masyarakat

“ Kita meminta Kementerian Kominfo untuk membuat Kota Labuan Bajo ini 5G. Dalam master plan tentang Smart City Labuan Bajo ini, semuanya itu melalui  Kementerian Kominfo.  Apa lagi Labuan Bajo ini menjadi daerah tujuan wisata super premium,” kata Weng. (fon)