KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Sebanyak 195 unit kapal ikan yang sementara dikerjakan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan dibagikan kepada para nelayan di 22 kabupaten/kota di NTT tahun ini.

“Pengadaan kapal ikan tahun ini sebanyak 195 unit, masing-masing,  ukuran 3 GT 65 unit dan kapal ketinting 130 unit sementara dikerjakan PT. Putra Unggul dengan total anggaran kurang lebih Rp 25 miliar bersumber dari APBD I NTT Tahun 2021,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ganef Wurgiyanto kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (23/6/2021).

Ke-195 unit kapal ikan itu sudah dikerjakan satu setengah bulan yang lalu, dan saat ini progres fisiknya, menurut dia, kurang lebih 80 persen dan pada Agustus 2021 mendatang fisiknya sudah mencapai 100 persen.

Baca juga :  Kasus Positif Covid-19 di Mabar Sudah Mencapai 4.443 Orang

Menurut rencana, kapal ukuran 1 GT akan dibagikan untuk skala rumah tangga atau perorangan, sedangkan  ukuran 3 GT diperuntukan kelompok nelayan di 22 kabupaten/kota di NTT sesuai proposal yang masuk.

“Setelah selesai dikerjakan akan dilakukan uji coba, kemudian dilakukan serah terima, baru kita melakukan identifikasi kelompok-kelompok nelayan, dan setelah itu baru dibagikan,” tandas Ganef. (red)