Gubernur NTT Dukung Pembangunan Bendungan Kolhua

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat mendukung rencana pembangunan Bendungan Kolhua di Kota Kupang, yang merupakan salah satu dari tujuh bendungan yang sudah dijanjikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dibangun di NTT sebelumnya.

Bentuk dukungan Gubernur NTT itu disampaikan dalam surat resminya ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dengan tembusan Menteri Keuangan RI di Jakarta, Dirjen Sumber Daya Air di Jakarta dan Ketua DPRD NTT belum lama ini.

“Kemarin, saya dengan Sekretaris Direktur Sumber Daya Air, Bapak Roga Manu sudah bertemu dengan Gubernur NTT untuk membahas rencana pembangunan Bendungan Kolhua,” kata Kepala Dinas PUPR Provinsi NTT,  Ir, Maksi Y.E Nenabu,MT kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (23/6/2021).

Baca juga :  Balai Besar KSDA NTT Kembalikan 23 Kakatua Koki ke Habitatnya di Maluku

Kata Nenabu, dalam pertemuan itu, Gubernur NTT menginginkan kalau bisa  dimulai tahun ini.

Sedangkan soal pembebasan lahannya nanti, pemerintah akan melakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat dengan cara budaya Timor.

Sekarang, sedang berproses dengan menyiapkan sejumlah dokumen-dokumen yang harus disempurnakan lagi, seperti  dokumen Analisa  Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)  dan sebagainya. (red)