Lima Orang Digigit Anjing, Masyarakat Manggarai Dihimbau Selalu Berwaspada

RUTENG, NTT PEMBARUAN.com- Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Manggarai  untuk selalu meningkatkan kewaspadaan guna menghindari terulangnya kasus gigitan anjing.

Himbauan itu, sehubungan dengan adanya kasus gigitan anjing (diduga anjing rabies) terhadap 5 warga masyarakat yang terjadi di empat lokasi berbeda di Kota Ruteng, Ibu Kota Kabupaten Manggarai,  Jumat (18/6/2021),

Demikian rilis yang dikirim Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Manggarai, Lody Moa yang diterima media ini, Sabtu (19/6/2021).

Guna mencegah terjadinya infeksi rabies, sebagai langkah awal pencegahan infeksi, warga yang digigit anjing, diminta untuk segera mencuci luka gigitan tersebut pada air yang mengalir selama 10 hingga 15 menit dan diberikan antiseptik.

Baca juga :  Pemkab Manggarai Sumbang Seekor Sapi Kurban Kepada Umat Muslim di Nanga Ramut

Selain itu, segera menghubungi petugas kesehatan atas nama Ny. Asumpta dengan nomor handphon  081339164999 untuk mendapatkan suntikan VAR (Vaksin Anti Rabies) dan SAR (Serum Anti Rabies).

Terhadap lima warga masyarakat yang menjadi korban gigitan anjing, telah ditangani secara medis oleh petugas kesehatan dengan memberikan suntikan VAR 2 (dua) dosis dan SAR 1 (satu) dosis. (moa/fon)