KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Kantor Kesehatan Pelabuhan Kupang, Minggu (13/6/2021) melakukan vaksinasi Covid-19 secara gratis kepada umat di Stasi St. Kristoforus Matani, khususnya  bagi  masyarakat  yang belum pernah divaksinasi dan berusia di atas 18 tahun.

Pelayanan vaksinasi ini dilakukan setelah misa pertama dan kedua yang dipusatkan di halaman rumah Bapak Andre Pareira, Jln Claret Matani, depan Gereja Ebenhaizer Matani, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT.

Masyarakat yang divaksinasi  hanya membawa identitas diri  berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu keluarga  dan nomor handphon ( HP) yang masih aktif.  Mereka yang divaksinasi, harus  mendaftarkan diri kepada petugas yang sudah disiapkan, untuk diobservasi terlebih dahulu kelayakan kesehatannya.

Baca juga :  Tol Laut Mampu Turunkan Biaya Logistik Hingga 30 Persen

Ketua DPS St. Kristoforus Matani, Dr. Karolus Kopong Medan,SH,M.Hum pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan Kupang yang telah melakukan vaksinasi Covid-19 di Stasi St. Kristoforus Matani.

Kepada pimpinan dan seluruh jajaran Kantor Kesehatan Pelabuhan Kupang, ia menyampaikan terima kasih atas inisiasinya   yang telah menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 di Stasi St. Kristoforus Matani.

Ketua DPS St. Kristoforus Matani, Dr. Karolus Kopong Medan,SH,M.Hum saat memberikan sambutan pada kegiatan vaksinasi bagi umat katolik di Stasi St.Kristoforus Matani yang digelar Kantor Kesehatan Pelabuhan Kupang di halaman rumah Bapak Andre Pareira, Jln Claret Matani, depan Gereja Ebenhaizer Matani, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT, Minggu (13/6/2021)

Kegiatan seperti ini, menurut dia, suatu  langkah strategis dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 di kalangan umat katolik di Stasi St. Kristoforus Matani, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Vaksinasi yang dilakukan ini, tidak hanya sebatas umat di Stasi St.Kristoforus Matani, tetapi juga terbuka untuk masyarakat umum yang belum pernah menerima vaksinasi dengan usia 18 tahun ke atas.

Baca juga :  Suami Ditahan, Melania Mengaku Kesulitan Menafkai Keluarganya

Atas nama pengurus DPS dan umat di Stasi  St.Kristoforus Matani,  menyambut baik kegiatan ini dan mudah-mudahan ini diikuti semua umat, khususnya yang belum pernah divaksinasi.

Rencana awalnya, kegiatan ini dilaksanakan di samping Kapela St. Kristoforus Matani, tetapi karena bangunan yang ada  di samping itu rubuh akibat bencana alam badai siklon tropis seroja, 5 April 2021 lalu, akhirnya dialihkan di halaman rumah Bapak Andre Pareira.

Karena itu, ia menyampaikan terima kasih banyak kepada Bapak Andre Pareira yang telah menyediakan halaman rumahnya untuk dilakukan vaksniasi Covid-19 pada hari Minggu,13 Juni 2021.

Tergolong Aman

Petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kupang saat mengadakan vaksinasi kepada umat katolik di Stasi St. Kristoforus Matani yang  dilaksanakan di halaman rumah Bapak Andre Pareira, Jln Claret Matani, depan Gereja Ebenhaizer Matani, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT, Minggu (13/6/2021)

Pada tempat yang sama, Laurensius Talan, mewakil Pimpinan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kupang mengatakan,vaksin jenis Sinovac yang digunakan ini tergolong aman, sesuai rekomendasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Baca juga :  Kondisi Fisik Gedung dan Mesin Incenerator di Mabar Aman

Mereka yang sudah menerima vaksinasi tahap pertama ini akan dilakukan vaksinasi tahap kedua yang berlangsung tanggal 11 Juli 2021 mendatang di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kupang. (red)