Resmikan SMKN 3 Komodo, Laiskodat : “ Untuk Membangun NTT Kita Butuh Super Tim”

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com -Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat  saat meresmikan SMKN 3 Komodo yang berada di Desa Golo Bilas, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (21/5/2021) mengatakan,  pengembangan pariwisata di NTT membutuhkan  sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

“Untuk membangun NTT,  kita tidak membutuhkan supermen, tetapi kita hanya membutuhkan super tim, sehingga dalam membangun sesuatu harus mampu dijaga dan dirawat. Kita bersyukur,  hari ini (Jumat,21/5/2021,red)  terdapat lembaga pendidikan yang gedungnya berdiri untuk sebuah syarat bagi generasi kita menemukan jati dirinya melalui pendidikan.  Kita mesti dorong karena dunia pendidikan sudah begitu jauh berkembang, pendidikan tidak menjadikan manusia seperti robot, tetapi manusia yang memiliki kompetensi, kemampuan analisis dan melek teknologi,” urai Laiskodat.

Baca juga :  Bantuan Kepada Korban Seroja Terus Mengalir ke NTT

Dikatakannya,  pengembangan industri pariwisata di NTT membutuhkan perkuatan SDM melalui sektor pendidikan yang menghasilkan manusia intelektual,  jejaring nasional dan sehat serta bermoral.

“Pengembangan industri pariwisata di NTT harus diikuti dengan peningkatan  SDM-nya dan tidak boleh membangun manusianya berdasarkan indentitas agama, suku dan warna kulit saja, itu bisa membuat kita tidak memiliki energi untuk mewujudkan kesejahteraan,”ungkap Mantan Anggota DPR RI dari Partai NasDem itu.

Bupati Manggarai Barat, Edi Endi ketika memberikan sambutan pada acara peresmian SMKN 3 Komodo yang berada di Desa Golo Bilas, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (21/5/2021).

Pada tempat yang sama, Bupati Manggarai Barat, Edi Endi dalam sambutannya, mengatakan sinergi pembangunan jenjang pemerintahan diperlukan untuk pengembangan sektor pariwisata di Manggarai Barat  dengan memperkuat skill  SDM.

“Hari ini (Jumat,21/5/2021,red)  diresmikan SMK 3 Komodo, kami menyadari bahwa semua perubahan akan terwujud jika diawali dengan sektor pendidikan. Kita juga sadari, secara administrasi kewenangan SMA/SMK  ada di tingkat pemerintah provinsi. Namun, dalam pelaksanaannya marilah kita bersinergi dan berkoordinasi untuk kemajuan Manggarai Barat. Sebab, tujuan kita sama yaitu mewujudkan kesejahteraan masyarakat.  Kami optimis, 4 tahun ke depan, kita bisa melihat anak-anak Manggarai Barat mampu bersaing dan berkontribusi terhadap industri pariwisata di Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super premium,”tukasnya.

Baca juga :  Peringati Hari Lahir Pancasila, Presiden Minta Kuatkan Kesatuan Pandangan Bernegara

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan SMKN 3 Komodo, Stefanus Satu mengatakan, pembangunan sekolah tersebut atas dukungan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten yang saling berkoordinasi. (fon)