LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com – Nusa Tenggara Timur (NTT) keluar sebagai juara umum Anugerah Pesona Indonesia (API) V Tahun 2020 yang diumumkan secara resmi oleh Sulistiowati dan Bimo pada Malam API V 2020 di Hotel Inaya Bay Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Kamis (20/5/2021) malam.

Malam Penghargaan API 2020, Master of Ceremony (MC), Riris Sulistiowati dan Bimo mengumumkan NTT sebagai juara umum dengan nominasi yang berhasil meraih juara 1 pada 5 kategori dan juara 2 pada 3 kategori dari total 18 kategori.

8 nominasi kategori yang dijuarai NTT yaitu,  pertama, kategori Surga Tersembunyi juara II diraih oleh Mulut Seribu di Kabupaten Rote Ndao, kategori Makanan Tradisional juara  I diraih oleh daging Se’i Provinsi NTT, kategori Destinasi Belanja juara I diraih Sentra Tenun Ikat Ina Ndao di Kota Kupang, kategori Wisata Air juara  II  disabet Island Hopping Pulau Meko di Flores Timur, kategori Dataran Tinggi juara I diraih Fulan Fehan di Kabupaten Belu, kategori Kampung Tradisional, juara I diraih Kampung Adat Namata di Sabu Raijua, kategori Destinasi Baru, juara  II diraih Pulau Semau di Kabupaten Kupang, dan kategori Situs Sejarah, juara I diraih Liang Bua Ruteng, Kabupaten Manggarai.

Baca juga :  205 KK Terima Sembako dari UPP Kelas II Labuan Bajo

Anugerah Pesona Indonesia  merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia, serta mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

Kegiatan API 2020, seleksinya dilaksanakan secara ketat oleh Komite Seleksi API Indonesia Tahun 2020 secara profesional dan independen.  Kajian, seleksi, penentuan dan penetapan nominasi melalui Vote dengan periodesasi 1 Agustus sampai dengan 31 Desember 2020 melalui You Tube API 2020, Website API 2020, Android App dan SMS 99386. (red/*)