Pekerjaan Jalan Golo Welu – Orong Kembali Dilanjutkan Tahun Ini

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Pekerjaan jalan hotmix paket Golo Welu—Orong, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sempat terhenti beberapa tahun, kembali dilanjutkan tahun ini.

Kepastian kelanjutan pekerjaan itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Manggarai Barat,  Oktovianus A. Bona kepada wartawan media ini di ruang kerjanya, Senin (10/5/2021).

Orang nomor satu di Jajaran Dinas PUPR Mabar itu berjanji, akan melanjutkan pekerjaan jalan hotmix  ruas jalan paket Golo Welu–Orong yang  kondisinya sudah rusak parah dan belum diperbaiki hingga saat ini.

“Paket Golo Welu-Orong itu segmennya kami tidak tangani beberapa tahun sebelumnya. Sementara segmen yang kami sudah tangani masih baik, yang rusak itu adalah segmen-segmen dimana kami tidak tangani sebelumnya. Tahun ini, kita akan lanjutkan perbaikannya.  Jadi,  satu segmen Golo Welu – Orong itu kan panjangnya,  dan kami hanya menyelesaikan beberapa segmen saja,”kata Bona.

Baca juga :  Polsek Sano Nggoang Amankan Pelaku Pembakar Rumah Ortunya

Karena paket Golo Welu – Orong itu segmennya cukup panjang, maka pihaknya kembali melanjutkan pekerjaannya tahun ini yang dianggarkan melalui  dana alokasi khusus (DAK) Tahun 2021 untuk perbaikan dan pemeliharaan ruas jalan yang  rusak parah tersebut.

Inilah ruas jalan Golo Welu – Orong, tepatnya di Desa Gurung, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang saat ini kondisinya sudah rusak parah. (Foto : Alfonsius Abun/NTT Pembaruan.com)

“Jangankan jalan kabupaten, jalan nasional pun rusak kok, sehingga perlu dilakukan pemeliharaan setiap tahun.  Kalau tidak ada biaya pemeliharaan, ya jebol,  dan biar bagaimanapun itu tugasnya kita untuk memperbaiki,” tukasnya.

Ke depan, pihaknya akan terus berusaha untuk memperbaiki semua jalan kabupaten yang kondisinya sudah rusak parah di Manggarai Barat.

Menyinggung soal sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan yang rusak akibat bencana alam tahun ini di Manggarai Barat, kata Bona, cuma rusak sedikit saja akibat tanah longsor, yang menyebabkan irigasi jebol seperti yang terjadi di  Kecamatan Kuwus dan Kuwus Barat juga beberapa ruas jalan provinsi yang tertimbun longsor dan semuanya sudah tertangani. (fon)

Baca juga :  Fransiskus Sodo Jadi Sekda Mabar