Fransiskus Sodo Jadi Sekda Mabar

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi melantik dan mengambil sumpah jabatan Fransiskus Sale Sodo sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Manggarai Barat (Mabar), setelah satu tahun lebih di jabat oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah. Pelantikan berlangsung di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat, Senin (3/5/2021)

Pelantikan Sekda Mabar tertuang dalam SK Bupati Nomor BKPPD.821/214/IV/2021. Bertindak sebagai saksi PNS pada pelantikan tersebut adalah Sekda Manggarai, Ir. Boni Hasidungan dan Sekda Manggarai Timur, Drs. Jahang Faldus Ansi dan saksi dari Rohaniawan Katholik, Romo Ardi.

“Saya ingin menegaskan bahwa Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekertaris Daerah merupakan jabatan tertinggi bagi ASN dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat,” ucap Bupati Mabar, Edistasius Endi saat melantik Sekda Mabar di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat, Senin (3/5/2021).

Dalam kedudukan ini seluruh simpul kebijakan daerah baik yang bersifat teknis maupun strategis dikoordinasi dan dikonsolidasikan oleh Sekda sebelum kemudian Bupati bersama Wakil Bupati tetapkan sebagai kebijakan daerah.

Baca juga :  Gubernur NTT Tekankan Pada Kebersihan Kantor

Kata Bupati  Edi, tugas ini bukanlah tugas yang mudah karena ruang lingkup kegiatan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat sangatlah luas, terutama disaat ini Pemkab Manggarai Barat telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas.

“Saat ini,  potret birokrasi kita masih sangat jauh dari kondisi ideal, terutama jika kita sandingkan dengan dinamika pemerintahan pada beberapa kabupaten atau kota lainnya atau kita sandingkan dengan beberapa indikator turunan dari indikator reformasi birokrasi,”  kata putra kelahiran Lembor ini.

“Mengingatkan kepada Sekda Mabar, untuk  secara cermat mengidentifīkası semua permasalahan terkait dengan road map reformasi birokrasi dan segera mengambıl langkah strategis dan cepat agar di tangan saudara kita dapat memperbaiki kinerja birokrasi kita. Dengan birokrasi yang kuat dan tangguh saya optimis upaya kita untuk meningkatkan kinerja pembangunan daerah dapat dengan cepat tercapai,” tandas Untuk politisi NasDem ini.

Terkait peningkatkan kinerja pembangunan daerah tahun ini, Bupati  Edi Endi berharap agar Sekda dapat dengan cepat melakukan koordinasi dan konsolidasi beberapa kebijakan strategis daerah antara lain penyelesaian RPJMD Tahun 2021-2026, RKPD Tahun 2022, penyelesaian struktur organisasi dan tata kerja serta beberapa kebijakan
turunannya, kebijakan pinjaman daerah dan optimalisasi peran Perumda Bidadari.

Baca juga :  Pembukaan Musrenbangnas 2021, Jokowi Tekankan Penggunaan IPTEK

Beberapa paket kebijakan strategis di atas, lanjut dia,  harus segera dituntaskan secepatnya dengan tidak mengabaikan hubungan substansi antar dokumen dimaksud. Demikian pula dengan beberapa kebijakan regular lainnya agar segera diselesaikan.

Menurut dia, jabatan Sekertaris Daerah merupakan jabatan tertinggi bagi ASN di daerah ini. Karena itu, hendaklah jabatan yang diemban dipandang sebagai pelayan bukan kekuasaan untuk berbuat sesukannya.

“Ingat kita bekerja dibatasi oleh kewenangan sebagaimana yang telah diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan dan sebagai pelayan tentunya kita bekerja untuk tujuan kesejahtreraan masyarakat,”tambahnya.

Bupati Bumi Komodo tersebut bersyukur kasus Covid-19 cenderung menurun dalam beberapa hari terakhir, namun demikian sebagai Ketua Sekertariat Satgas Covid-19 Manggarai Barat harus tetap waspada, terus melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan semua tim gugus tugas agar kasus Covid- 19 terus menurun.

Baca juga :  Pekerjaan Jalan Golo Welu – Orong Kembali Dilanjutkan Tahun Ini

“Untuk itu saya sudah mengingatkan saudara agar menjadi teladan bagi masyarakat dengan tidak merayakan pelantikan secara berlebihan dan kepada semua ASN saya tegaskan untuk memberi ucapan selamat di ruang ini atau disampaikan
secara daring guna menghindari penularan Covid-19 di daerah kita,” kata Mantan Ketua DPRD Mabar itu.

Ia percaya dengan pengalaman kerja yang sudah emban dapat melaksanakan seluruh tugas pokok dan fungsi yang hari ini dipercayakan. “Semoga dengan dilantiknya saudara sebagai Sekertaris Daerah defenitif, kita akan semakin optimis untuk melangkah bersama mewujudkan Manggarai Barat yang “Maju, Unggul, Tangguh dan Populer”. pungkas Bupati Mabar,” tutupnya.(Kominfomabar)