Dirjen PAS Kemenkumham Salurkan Bantuan Bagi Korban Badai Tropis di NTT

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyalurkan bantuan bagi korban bencana alam badai tropis seroja di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bantuan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Reynhard Silitonga dan jajarannya diserahkan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal PAS, Heni Yuwono kepada Wakil Gubernur NTT,  Josef A. Nae Soi di ruang kerja Wagub NTT,  Kamis (15/4/2021) sebesar Rp  500 juta.

Atas bantuan itu, Wakil Gubernur NTT,  Josef A. Nae Soi menyampaikan apreasi atas kepedulian dari jajaran Dirjen PAS dan Kemenkunham terhadap bencana akibat badai siklon tropis seroja di NTT.

“Terima kasih berlimpah. Sampaikan salam hangat dari masyarakat NTT kepada pak Dirjen dan pak Menteri, “kata Wagub Nae Soi melalui Sekretaris Direktorat Jenderal PAS, Heni Yuwono, Kamis (15/4/2021) sambil mengatakan,  bahwa perhatian pemerintah pusat dan masyarakat Indonesia terhadap bencana di NTT sangat luar biasa.

Baca juga :  Wagub NTT Fasilitasi Pertemuan IOM dan Perwakilan Imigran Afganistan

Pemerintah melalui berbagai kementerian terus memberikan dukungan penuh pada masa tanggap darurat ini. TNI dan Polri juga tidak kenal lelah terlibat secara aktif membantu. Bantuan logistik dari berbagai pihak terus mengalir tiap harinya.Luar biasa perhatian dari seluruh elemen masyarakat Indonesia terhadap musibah bencana di NTT ini,  kesan Wagub Nae Soi.

Lebih lanjut Wagub mengungkapkan  satu kesulitan utama yang dialami daerah yang terdampak bencana adalah soal aksesibilitas.

“Semoga dengan dukungan penuh dari Kementerian PUPR dan kerja keras dari TNI/ Polri,  akses jalan menuju lokasi bencana dapat segera dilalui lagi. Sementara terkait bantuan logistik ke daerah-daerah ini,  kita menggunakan helikopter dari BNPB. Kemarin, saya membawa bantuan ke  Desa Lipang dengan helikopter dari Kalabahi. Hari ini,  saya juga membawa bantuan ke Lembata dengan pesawat Caravan BNPB, ” ungkap Wagub Josef.

Baca juga :  Pendapatan Daerah Tahun 2020 Meningkat 1,23 Persen

Wagub meminta kepada pemerintah kabupaten/kota yang terdampak bencana agar tidak terlalu lama menyimpan bantuan di gudang atau posko.  “Kemarin di Alor, saya  minta kepada pak Wakil Bupati agar segera menyalurkan bantuan yang masih ada di Posko Kabupaten. Kita tidak boleh tahan lama-lama bantuan ini karena masyarakat yang tertimpa bencana sangat membutuhkannya.Hal yang sama juga saya tegaskan dalam kunjungan ke Lembata hari ini, ” pungkas Wagub Nae Soi.

Sementara itu Sesditjen PAS, Heni Yuwono menyampaikan belasungkawa dan keprihatinan yang mendalam atas bencana yang melanda NTT.  “Bantuan ini mungkin tidak seberapa, namun kami berharap bisa membantu masyarakt NTT yang tertimpa bencana.  Semoga NTT segera pulih,” kata Heni.

Baca juga :  Krisis Air Bersih, Warga di Labuan Bajo Konsumsi Air Kali

Tampak hadir pada kesempatan tersebut para pejabat teras dari Ditjen PAS,  Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM NTT, Marciana Jone dan pejabat Kanwil Kemenkumham NTT. (red/*)