Gubernur NTT Tekankan Pada Kebersihan Kantor

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat ketika melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa OPD lingkup Pemerintah Provinsi NTT, Selasa (30/3/2021) menekankan masalah penerangan, kebersihan lingkungan kantor dan toilet.

Instansi yang dikunjungi Gubernur Laiskodat antara lain, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Dinas Perikanan dan Kelautan.

Gubernur mengatakan pentingnya menata keadaan Kantor baik di luar (halaman) dan di dalam kantor.

“Kita harus pastikan semuanya bersih mulai dari halaman depan, sampai pada toilet. Harus perhatikan itu demi kenyamanan semuanya,  baik orang yang bekerja ataupun tamu yang datang,” kata Gubernur Laiskodat.

“Semua pegawai harus bekerja dalam suasana yang baik, disiapkan penerangan yang cukup, ruang gerak yang cukup, meja kursi yang layak, dengan demikian pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya dapat diselesaikan dengan baik,” ujar Mantan DPR RI dari Partai NasDem ini.

Baca juga :  Jumlah Pasien Covid-19 Meninggal di Manggarai 24 Orang

Hal yang sama tidak jauh berbeda ketika Gubernur Laiskodat melihat secara langsung setiap toilet di perkantoran tersebut.

Ia mengatakan, agar toilet tidak berbau, maka gunakan pengharum ruangan alami yang efektif seperti taburan bubuk kopi ataupun serbuk kelor sehingga dapat menyerap bau yang keluar, airnya juga harus disiapkan secara baik, tisunya juga harus disiapkan.

“Setiap tamu saya yang datang, baik itu Menteri ataupun pejabat lainnya, tidak pernah menggunakan toilet milik Gubernur, selalu saya arahkan ke Toilet Umum, karena saya dapat pastikan Toilet Umum yang ada di Kantor Gubernur sangat bersih. Hal ini juga saya mau ada di setiap OPD, termasuk di tempat ini,” sambung Gubernur.

Gubernur menekankan, kantor harus sediakan informasi tentang kinerja kantor tersebut. “Melalui papan informasi ataupun baliho, dan informasi yang dipasang pada dinding/tembok. Jangan dibiarkan kosong. Agar masyarakat atau tamu yg datang bisa membaca dan tahu tentang kinerja OPD,” ungkap beliau.

Baca juga :  BPJS Kesehatan Sumbang 175 Juta untuk Korban Seroja di NTT

Ia menggambarkan, misalnya Dinas PUPR tampilkan papan informasi didinding tentang capaian yang pengerjaan jalan Pemprov, bulan ini sekian kilometer, target kerja berikutnya dan juga dilengkapi gambar. Dinas Kopnakertrans juga harus dipasang informasi pengenai perkembangan koperasi dan juga capaian produktivitas UMKM. Ini juga berlaku untuk semua OPD sesuaikan kinerja. Bisa juga ditempel poster gambar objek wisata yang ada di NTT,” lanjut Gubernur.

Dalam kunjungan tersebut Gubernur juga meminta agar seluruh staf harus segera melakukan vaksinasi. “Saya harap bulan april semuanya sudah divaksin. Agar bisa bekerja dengan baik dan kita cegah penyebaran covid yg semakin meningkat,” harapnya.

Sebelum meninggalkan lokasi, Gubernur berpesan agar kebersihan lingkungan kerja harus juga mendapat perhatian dari seluruh ASN. Menurutnya jika lingkungan bersih, orang yang bekerja juga bersih baik secara fisik maupun mental maka dapat dipastikan pekerjaan yang diembannya dapat diselesaikan dengan baik.

Baca juga :  Gubernur NTT Resmikan Kampus Desa Bambu Agroforestri

Sementara itu, Kepala Biro Umum Setda Provinsi NTT, George Hadjoh mengatakan dirinya siap mengeksekusi apa yang menjadi instruksi Gubernur.

“Banyak hal yang menjadi perhatian Bapak Gubernur saat melakukan sidak, dan kita siap untuk melaksanakan apa yang menjadi arahan pimpinan. Apalagi  berhubungan dengan kebersihan dan juga keindahan lokasi tempat kita bekerja,” kata George. (red/*)