Terkait Pembagian Tanah Kapling, Hakim Tipikor Kupang Bebaskan Jonas Salean

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com – Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang dalam putusannya, Rabu (17/3/2021) membebaskan Mantan Walikota Kupang, Jonas Salean dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait pembagian tanah kapling oleh Pemerintah Kota Kupang di Jalan Kartini, Kelurahan Kelapa Lima.

Putusan bebas Jonas Salean itu dibacakan dalam sidang  yang dipimpin majelis hakim, Ari Prabowo didampingi hakim anggota, Ibnu Kholik dan Nggilu Liwar Awang.di Pengadilan Tipikor Kupang, Rabu (17/3/2021).

Sidang putusan itu dihadiri Jaksa Penuntut Umum (JPU) S. Hendrik Tiip, SH,Emerensi Jehamat,SH dan Herry C. Franklin,SH, serta terdakwa Jonas Salean bersama tim kuasa hukumnya tujuh orang.

Dalam amar putusannya, majelis makim menyatakan, terdakwa Jonas Salean, Mantan Walikota Kupang tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi, sehingga kepada terdakwa dinyatakan bebas demi hukum.

Atas putusan itu, tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur (Kejati NTT) tidak menerima, dan dalam waktu dekat ini akan melakukan upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung Republik Indonesia. (red)