22 Kandidat Rebut Tujuh Kursi BPD Tonggurambang

MBAY, NTT PEMBARUAN.com-  Dari 23 orang yang mendaftarkan diri untuk mengikuti pemilihan Badan Perwakilan Desa (BPD) Tonggurambang, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur, hanya 22 orang yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, sedangkan satunya gugur.

22 kandidat yang dinyatakan lolos administrasi oleh panitia pemilihan BPD Tonggurambang itu memperebut tujuh kursi di BPD setempat. Dan’ dari hasil pemilihan, 7 nama terpilih menjadi BPD  Tonggurambang periode 2021–2027 masing-masing, Sarina Sarif, Amir Mandang, Armawati, Mursalin Abubakar, Muhamad Dedi Ingga, Emiliana Wea dan Onesumus Dewa.

Ketua Panitia Pemilihan BPD Tonggurambang, Abubakar Ratu kepada media ini, Senin (15/3/2021) mengatakan, di tengah kondisi new normal, panitia harus bekerja maksimal untuk dapat terlaksana pemilihan BPD Tonggurambang.

Baca juga :  Peringati Hari Lahir Pancasila, Presiden Minta Kuatkan Kesatuan Pandangan Bernegara

Dijelaskannya, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri)  Nomor  110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa, dimana BPD diisi oleh keterwakilan wilayah dan satu orang keterwakilan perempuan. Di Desa Tonggurambang sendiri terdiri dari 4 dusun.

Dari 4 dusun ini, yang lolos seleksi administrasi untuk bertarung dalam pemilihan BPD sebanyak 22 orang masing-masing, 11 calon  keterwakilan dari perempuan dan 11 calon laki –laki untuk memperebut 7 kursi di BPD Tonggurambang periode 2021 –2027.

Pemilihan BPD dijadwalkan selama 5 hari, dan sudah berjalan sejak 11 Maret 2021 lalu  dimulai dari tingkat dusun dan hari ini (Senin,15/3/2021,red) dilakukan pemilihan BPD di tingkat Desa Tonggurambang.

Pemilihan BPD kali ini, kesan Abubakar, sangat luar biasa, karena partisipasi calon dan pemilih mencapai 90 persen lebih dan sangat seru sekali. (mat)