KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Bunda Julie Sutrisno Laiskodat minta untuk sukseskan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) ke-12  tanggal 10 Agustus 2021 mendatang, yang peringatannya dipusatkan di Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Seruan itu disampaikan Bunda Julie Laiskodat saat mengunjungi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi  Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (3/3/2021) petang. Kedatangan Bunda Julie ke BBKSDA NTT waktu itu sekedar silaturahmi sekaligus ngobrol, ngopi-ngopi, dan diskusi baik tentang World Wildlife Day (Hari Satwa Liar Dunia) dan Pelaksanaan HKAN Tahun 2021.

Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) diperingati pada setiap tanggal 10 Agustus sebagai salah satu agenda tahunan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pada peringatan HKAN ke-11 Tahun 2020 lalu yang dipusatkan  di Kota Bontang, Kalimatan Timur telah dicanangkan lokasi peringatan HKAN ke-12 Tahun 2021 dan dengan penuh rasa syukur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam hal ini Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam NTT menerima tongkat estafet menjadi tuan rumah peringatan HKAN 2021.

Baca juga :  Gubernur VBL Paparkan Pengembangan Sektor Pariwisata di NTT

Lokasi puncak peringatan HKAN Tahun 2021 ini adalah di Kota Kupang, tepatnya di area Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Teluk Kupang dan Pantai Lasiana.  Bunda Julie mendukung persiapan (Road to HKAN) Balai Besar KSDA NTT dalam menghela kegiatan HKAN 2021, dan beberapa waktu lalu calon lokasi kegiatan tersebut telah dikunjungi oleh Direktur Jenderal KSDAE, Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, serta Analis Kebijakan Utama pada Pusat Kebijakan Strategis KLHK.

Bunda Julie Sutrisno Laiskodat yang juga Anggota Komisi IV DPR RI Dapil NTT, merasa perlu memberikan perhatian dan mensupport pelaksanaan HKAN 2021 di NTT karena momen ini merupakan momentum untuk kampanye pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat yang menjadikan konservasi alam sebagai bagian dari sikap hidup dan budaya bangsa.

Baca juga :  Sambut HUT Ke-20, Partai Demokrat Bagi Sembako Kepada Masyarakat Kampung Kandang

Bunda Julie yang notabene adalah Ketua Dharma Wanita dan Ketua Dekranasda Provinsi NTT  juga mengkaitkan  penghelatan  HKAN 2021 ini sebagai ajang promosi bagi industri kerajinan tangan karya  perempuan NTT yang dikenal sangat  ulet dan produktif dalam menghasilkan karya tenun yang terkenal.

Dalam kesempatan kunjungannya ke Kantor Balai Besar KSDA NTT, Bunda Julie memberikan motivasi kepada Balai Besar KSDA NTT, agar dapat menyelenggarakan kegiatan HKAN 2021 dengan baik, lancar dan sukses.

Secara pribadi maupun sebagai anggota Komisi IV DPR RI, Ketua Dekranasda dan Ketua Dharma Wanita Provinsi  NTT, Buna Julie selalu terbuka memberikan dukungan yang diperlukan dalam menyukseskan HKAN 2021.

Usai pertemuan terbatas Offline dengan protokol kesehatan yang ketat, Bunda Julie bersama Tim Balai Besar KSDA NTT meninjau lokasi HKAN 2021 di TWAL Teluk Kupang Pantai Lasiana. Pada kesempatan itu, Bunda Julie berkenan membagikan baju kaos, masker dan face shield kepada masyarakat yang berada di Pantai Lasiana.

Baca juga :  PPKM di Manggarai Diperpanjang Hingga 8 Agustus 2021

Pada kesempatan itu, Kepala Balai Besar KSDA NTT,  Ir. Timbul Batubara, M.Si  mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bunda Julie Sutrisno Laiskodat yang senantiasa memberikan dukungan kepada Balai Besar KSDA NTT, yang tentunya akan menjadi penyemangat dan semacam menambah daya tahan tubuh bagi seluruh jajaran  Balai Besar KSDA NTT  untuk menyukseskan  acara HKAN 2021 di NTT nanti. (Humas BBKSDA NTT/red)