KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Pendiri Pramuka Sedunia Baden Powel tanggal 22 Februari 2021, Kwarda Pramuka Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan berbagai kegiatan.

Ketua Kwarda Pramuka NTT, Drs. Sinun Petrus Manuk kepada wartawan di Kupang, Jumat (19/2/2021) menyebutkan, kegiatan yang dilakukan Kwarda Pramuka NTT dalam menyongsong hari jadi Pendiri Pramuka Sedunia Baden Powel tanggal 22 Februari 2021 antara lain,  pembersihan sampah, tabur abate, pemberian bantuan beras pada panti asuhan dan pembagian masker di seluruh Kwarcab yang ada di NTT.

“Ini sebagai bentuk peduli Pramuka  NTT  terhadap sampah, pemberantasan demam berdarah dan peduli sesama,” kata Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini melalui siaran pers yang diterima media ini, Jumat (19/2/2021).

Baca juga :  Kasus Positif Covid-19 di Mabar Sudah Mencapai 4.443 Orang

Menurut Manuk, meski dalam suasana pandemic Covid-19, namun dengan menerapkan protokol kesehatan, Pramuka NTT ingin memperingati hari kelahiran Badan Powell bersama istrinya Ovale Soames yang mendirikan organisasi kepanduan dunia  pada tahun 1857 di Inggris dengan nama Boy Scout dan Girl  Guides yang kini tersebar di seluruh dunia.

“Kita melibatkan seluruh Kwarcab, Tagana, Pengurus Pramuka, Dewan Kerja Daerah (DKD) dan Dewan Kerja Cabang (DKC) ,” tambah Pieter Manuk. Pieter Manuk mengatakan, Kwarda NTT menginisiasi kegiatannya dan meminta semua Kwarcab mengikuti aneka kegiatan tersebut.

Sedangkan, Sekretaris Kwarda Pramuka NTT, Dr. Blajan Kondradus mengemukakan, semua Kwarcab telah dihubungi lewat rapat virtual yang dilakukan, Kamis (18/2/2021) untuk secara serentak menyelenggarakan Thingking Day sebagai ungkapan syukur bagi Bapak Pramuka Dunia bersama istrinya yang hari kelahirannya sama tanggal 22 Februari.

Baca juga :  Pekan Depan, Jaringan Irigasi Wuncung di Mabar Mulai Dikerjakan

“Kita harap seluruh Kwarcab melakukan kegiatan secara serentak dan hasilnya dilaporkan ke Kwarda,” ujar Kaka Mance Dasion sapaannya. Menurut Dosen Undana Kupang itu, untuk bantuan beras dan distribusi masker akan melibatkan Ambalat, Saka dan Gugus Depan (Gudep). Kaka Mance menambahkan, sumber bantuan beras  dan masker dari donatur dan pengurus Pramuka.(red/*)