KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Menurut rencana, lima pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati terpilih pasca Pilkada Tahun 2020 di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan dilantik secara virtual akhir Februari 2021.

“Tadi malam (Selasa,16/2/2021,red), saya baru mendapat informasi secara lisan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang menginformasikan, bahwa pelantikan lima Paslon bupati dan wakil bupati terpilih di NTT akan dilaksanakan secara virtual akhir Februari 2021 ini,” kata  Kepala Biro Tata Pemerintahan  (Karo Tatapem) Setda NTT, Doris A. Rihi kepada media ini via telepon selulernya,Rabu (17/2/2021).

Lima Paslon bupati dan wakil bupati terpilih yang sudah diusulkan ke Mendagri untuk dilantik itu masing-masing, Bupati Terpilih Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU),  Juandi David dan Wakilnya, Eusabius Binsasi, Bupati Terpilih  Kabupaten Sumba Timur, Drs. Khristofel Praing,M.Si dan Wakilnya, David Melo Wadu.

Baca juga :  Direktur PPMKJ dan NAPZA RI Kunjungi ODGJ di Labuan Bajo

Selanjutnya, Bupati Terpilih Kabupaten Manggarai, Herybertus Nabit dan Wakilnya, Heribertus Ngabut, Bupati Terpilih  Kabupaten Ngada, Andreas Paru dan Wakilnya, Raymundus Bena , Bupati Terpilih Kabupaten Sabu Raijua, Orient P. Riwu Kore dan Wakilnya, Thobias Uly.

Apabila hingga akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati yang lama sudah selesai pada tanggal 17 Februari 2021, bupati dan wakil bupati terpilih belum juga dilantik, maka  pemerintah dapat mengangkat Sekretaris Daerah (Sekda) setempat untuk menjadi pelaksana harian (Plh) Bupati, kata Doris.

Sembilan kabupaten yang masa jabatan bupati dan wakil bupatinya sudah selesai tanggal 17 Februari 2021 itu, yakni  Belu, Malaka, Timor Tengah Utara (TTU), Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, Sumba Timur, Sumba Barat dan Sabu Raijua.

Baca juga :  Mateus Handur Resmi Jadi Plt Kepala SMKN 2 Welak

“Agar tidak terjadi kefakuman kepemimpinan di daerah, maka hari ini (Rabu,17/2/2021,red), Gubernur NTT telah menunjukkan Sekda di 9 kabupaten itu untuk merangkap jabatannya sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati di daerahnya masing-masing sampai dengan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih nanti. Jadi, hari ini (Rabu,17/2/2021,red) sudah dilakukan serah terima memori dari bupati lama kepada Plh Bupati di 9 kabupaten di NTT yang dihadiri Ketua DPRD dan Unsur Muspida setempat,” terang Doris. (red)