Sidang Pembukaan 4 Paslon Petahana di NTT Dijadwalkan 26 – 29 Januari 2021

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Menurut jadwal, tanggal 26 sampai dengan 29 Januari 2021 sidang pembukaan sengketa Pilkada yang digugat 4 pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati dari  4 kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Empat Paslon petahana yang telah melayangkan gugatan ke MK itu, yakni Wilybrodus Lay- JT Ose Luan di Kabupaten Belu, Stefanus Bria Seran – Wendelinus Taolin di Kabupaten Malaka, Agustinus Niga Dapawole –Gregorius DLPandango di Kabupaten Sumba Barat dan Maria Geong – Silverius Sukur di Kabupaten Manggarai Barat.

“Empat  kabupaten ini sudah mendapat registrasi atau APPP  perkara konstitusi,  dan kita akan mengikuti jadwal proses penyelesaiannya di MK dalam waktu dekat ini. Baru kemarin, kami  mendapatkan akta registrasi perkara konstitusi dan kita akan berproses beberapa waktu ke depan,” kata Ketua KPU Provinsi NTT, Thomas Dohu,S.Hut saat memaparkan hasil pelaksanaan Pilkada di 9 kabupaten di NTT di hadapan Anggota Komite I DPD RI, Ir. Abraham Paul Liyanto di Aula KPU NTT, Selasa (19/1/2021).

Baca juga :  Pekerjaan Jalan Golo Welu – Orong Kembali Dilanjutkan Tahun Ini

Menurut jadwal yang diterimanya dari MK, tanggal 26 sampai dengan 29 Januari 2021 sidang pembukaannya. Setelah itu, jawaban dari KPU lalu akan dilakukan putusan.

“Kalau pun ada yang tidak sampai ke pembuktian, kita menunggu putusannya saja. Walaupun diteruskan ke sidang pembuktian, maka proses itu bisa sampai Februari bahkan hingga Maret 2021. Kami berharap, proses ini berjalan sesuai dengan jadwal. Kami juga bertanggungjawab untuk mempertanggungjawabkan tugas yang sudah dilaksanakan, dan proses itu kita ikuti bersama secara terbuka,” tuturnya.

Sementara, 9 kabupaten yang telah melaksanakan Pilkada Tahun 2020 di NTT, yakni Manggarai Barat (Mabar),  Manggarai, Ngada, Timor Tengah Utara (TTU), Belu, Malaka, Sumba Timur, Sumba Barat dan Sabu Raijua. (ade)