Pembagian Sertifikat Tanah, Bupati Kupang : Terima Kasih Presiden Jokowi

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Bupati Kupang, Korinus Masneno mengucapkan terima kasih atas perhatian Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo  (Jokowi) melalui program pembagian sertifikat tanah untuk rakyat termasuk masyarakat di Kabupaten Kupang.

Bupati Korinus menyampaikan itu  saat mengikuti acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat oleh Presiden RI, Joko Widodo secara virtual kepada 26 provinsi se-Indonesia di Aula Hotel Aston Kupang, Selasa ( 5/1/2021).

Penyerahan sertifikat untuk rakyat di Provinsi NTT diberikan kepada 7 kabupaten/kota diantaranya Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Belu, Sikka, Manggarai Barat, Rote Ndao dan Timor Tengah Selatan (TTS)  dengan jumlah sertifikat yang diserahkan 8.402 sertiikat dimana Kabupaten Kupang mendapatkan 130 sertifikat.

Terima kasih serupa  juga disampaikan Bupati Masneno kepada Kakanwil BPN NTT dan jajarannya yang telah berkerja dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pengurusan sertifikat tanah masyarakat.

Baca juga :  Pemkab Kupang Gandeng 13 LSM Verifikasi Data Korban Bencana Alam

Menurutnya, sertifikat sangat penting dimiliki masyarakat sebagai bukti kepemilikan yang sah atas tanah masyarakat sekaligus dapat menyelesaikan kekisruhan kepemilikan tanah yang sering terjadi di masyarakat.

Dirinya berharap, program ini dapat menyelesaikan persoalan kepemilikan hak ulayat di Kabupaten Kupang yang dialami masyarakat Kabupaten Kupang selama ini.  Sertifikat, kata Bupati Korinus, akan memberikan legalitas yang sah atas tanah milik masyarakat.

“Mudah-mudahan lewat pemberian sertifikat ini tidak ada lagi masalah dan kekisruhan kepemilikan tanah di Kabupaten Kupang. Saya harap jika masyarakat ingin menjadikan sertifikat ini sebagai agunan pinjaman, gunakan uang tersebut untuk membuka usaha dan bukan untuk hal-hal konsumtif.  Masyarakat  harus menghitung baik-baik usaha apa yang dilakukan, sehingga bisa memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mampu pula untuk membayar pinjamannya,” pesannya.

Baca juga :  Gubernur NTT Dorong Para Petani Lembor Tingkatkan Produksi Panen Padi

Hadir dalam acara penyerahan sertifikat tanah itu, Kakanwil Badan Pertanahan Provinsi NTT, Jaconias Walalayo,  Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man, Ketua DPRD Kota Kupang, Yes Laude,  Asisten I Setda Kabupaten Kupang, Krispinianus Patmawan, dan para Kepala Pertanahan Kabupaten/Kota se-NTT. (ben/Humas Pemkab Kupang/ade)