13.200 Vaksin Sinovac Tiba di Kupang

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com-  Vaksin jenis sinovac asal Cina tiba di Bandara El Tari Kupang, tepat pukul 06.00 Wita dengan pesawat Batik Air ID-6540 yang dikawal ketat Satuan Brimob dan TNI AU, Selasa (5/1/2020)

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ema Simanjutak kepada wartawan di Kupang, Selasa (5/1/2020) menyebutkan, vaksin yang dikirim ke NTT sebanyak 13.200 dengan berat 7 koli, untuk selanjutnya didistribusikan ke kabupaten/kota di NTT dalam waktu dekat ini.

Kata Ema, vaksin yang ada akan dibagi ke -378 puskesmas, 10 rumah sakit pemerintah, 2 rumah sakit swasta di Nusa Tenggara Timur, dan sisanya untuk klinik swasta yang sudah terverifikasi.

Baca juga :  Dirjen PAS Kemenkumham Salurkan Bantuan Bagi Korban Badai Tropis di NTT

Dari 13.200 vaksin itu akan dibagi dua, maka ada sekitar 6.600  tenaga kesehatan yang akan divaksin, dan setiap tenaga kesehatan akan mendapatkan dua kali dosis single vaksin, ujarnya.

Sebelum didistribusi ke kabupaten/kota di NTT, vaksin akan disimpan di Gudang Instalasi Farmasi di Pulau Indah dengan tetap mengacu pada Standar Operasional Prosedur (SOP) penyimpanan vaksin dengan suhu ruangan 2-8 derajat.(ade)