80 Kelompok Nelayan di Kabupaten Kupang Terima Hibah Bantuan Sarana dan Prasarana Perikanan

OELAMASI, NTT PEMBARUAN.com- Sebanyak 80 kelompok nelayan yang tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Kupang menerima hibah bantuan sarana dan prasarana bidang perikanan dari Pemkab Kupang melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kupang.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Kupang, Korinus Masneno didampingi Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kupang, Ny. Sofia Malelak De Haan, Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Perikanan Kabupaten Kupang, Ny. Novita Funay, dan pemilik Galangan Kapal Manikin sekaligus Direktur PT. Putra Unggul, Haji  Ismael H. Dean,SE di Lokasi Galangan Kapal Manikin, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (29/12/2020).

Bupati Kupang, Korinus Masneno dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Kupang memiliki potensi perikanan dan kelautan luar biasa yang sangat potensial untuk dikembangkan dengan baik demi kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu di dalam kepimpinannnya, bidang perikanan menjadi salah satu sektor yang dikembangkan dan diharapkan akan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Baca juga :  Terkontrak, Empat Paket Pembangunan Embung Serbaguna di Pulau Sumba Tahun 2021

Bupati Masneno menyebutkan, panjang Pantai Kabupaten Kupang mencapai 442 km dengan begitu banyak potensi perikanan sehingga melalui program revolusi 5 P yakni berkerja secara revolusioner pada bidang pertanian, peternakan, perkebunan, pariwisata dimasukan juga bidang perikanan sehingga benar-benar mengeksplor kekuataan perikanan di Kabupaten Kupang.

Pemkab Kupang melalui revolusi 5 P memberikan dukungan sarana prasarana kelautan dan perikanan kepada masyarakat agar dapat dimanfaatkan dengan baik dalam pengembangan sektor perikanan kelautan.

Kepada masyarakat yang menerima hibah bantuan sarana dan prasarana perikanan tahun ini, ia berharap bisa dimanfaatkan secara baik guna meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

Orang nomor satu di Kabupaten Kupang tersebut berharap, adanya kolaborasi dan dukungan semua pihak dalam menyukseskan kegiatan pembangunan di bidang perikanan dan kelautan.

Pemilik Galangan Kapal Manikin yang juga Direktur PT. Putra Unggul, Haji  Ismael H. Dean,SE saat menunjukkan sejumlah sarana prasarana perikanan kepada Bupati Kupang, Korinus Masneno yang dihibahkannya kepada  Pemkab Kupang usai acara penyerahan di Lokasi Galangan Kapal Manikin, Selasa (29/12/2020)

“Walaupun dalam keterbatasan, tidak boleh mematahkan semangat masyarakat untuk maju dan berhasil. Mari bangkit dan berjuang sungguh-sungguh di tengah-tengah keterbatasan dan kesulitan yang ada. Jangan mengeluh, tetap optimis untuk menggapai hidup yang lebih baik,” imbuhnya.

Baca juga :  Korban Tenggelam di Perairan Panmuti Ditemukan Meninggal Dunia

Ia yakin, untuk membangun potensi perikanan yang lebih baik perlunya pengawasan dan pembinaan secara baik , bekerjasama semua pihak, dan bergandengan tangan, sehingga menjadi satu kekuatan.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kupang, Ny. Sofia Malelak De Haan dalam sambutannya  memberikan apresiasi kepada Pemkab Kupang yang telah menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perikanan kepada masyarakat.

Bupati Kupang, Korinus Masneno didampingi Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kupang, Ny. Sofia Malelak De Haan, dan Pelaksana Tugas (Plt) Kadis  Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kupang, Ny. Novita Funay pada acara penyerahan sarana prasarana perikanan di Lokasi Galangan Kapal Manikin, Kabupaten Kupang, Selasa (29/12/2020).

Sofia mengatakan, DPRD Kabupaten Kupang memberikan dukungan kepada Pemkab Kabupaten Kupang dalam kegiatan pemberdayaan dan pembangunan yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat.

“Kami yakin dengan dukungan sarana dan prasarana ini akan mampu mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat,” ungkapnya. Kepada masyarakat yang telah menerima bantuan tersebut, Sofia minta, untuk bisa memanfaatkan berkat Tuhan sebaik mungkin.

Baca juga :  Jalan Claretian Kota Kupang Rusak Parah

Sementara, Plt. Kadis  Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kupang, Ny. Novita Funay dalam laporannya menjelaskan, hibah bantuan sarana dan prasarana bidang kelautan dan perikanan ini berjumlah 12 jenis meliputi perahu ketinting, sarana budidaya air tawar, rumah ikan, cool bak, pukat, fish finder, sarana pengolahan dan pemasaran ikan.

Diharapkan melalui pemberian bantuan ini akan semakin menggerakan pengelolaan potensi kelautan dan perikanan secara baik di Kabupaten Kupang ke depan. (ade)

Komentar