Revolusi 5 P, Upaya Nyata Pemkab Kupang Sejahterakan Masyarakat

OELAMASI, NTT PEMBARUAN.com- Revolusi 5 P, merupakan upaya nyata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang dalam membangun dan menyesejahterakan masyarakatnya di daerah itu.

Hal itu diungkapkan Bupati Kupang, Korinus Masneno dalam Seminar Rencana Aksi Daerah Revolusi 5 P Pemerintah Kabupaten Kupang, yang berlangsung di Kantor Bupati Kupang di Kota Oelamasi, Jumat (18/12/2020).

Gerakan revolusi 5 P merupakan upaya nyata Pemerintah Kabupaten Kupang membangun dan menyesejahterakan masyarakatnya. Dasar berpikirnya adalah membangun dari apa yang dimiliki masyarakat dan apa yang bisa dilakukan masyarakat.

“Semuanya  itu berlandaskan pada potensi yang ada di masyarakat untuk kita kerjakan dan kembangkan sehingga memberikan dampak bagi kesejahteraan hidup masyarakat Kabupaten Kupang.  Proses pembelajaran, memberikan pembinaan, dorongan, dan mendukung produksi serta menyiapkan pasar,” tukasnya.

Baca juga :  Kepala Biarawati FMM Nagekeo Hangus Terbakar Sijago Merah

Lebih lanjut, Bupati Masneno mengatakan, lewat gerakan revolusi 5 P ini yakni bekerja secara revolusioner dalam bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan pariwisata perlu dikerjakan dengan cara-crara yang luar biasa dalam waktu yang singkat.

Tujuan dari rencana aksi daerah ini, untuk mengintegrasikan dan menyelaraskan sektor-sektor pembangunan dalam 5 P tersebut guna disinergikan dengan sektor lainnya dengan kerangka pendanaan dalam proses outcome, dan output yang menjadi target gerakan revolusi 5P.

Dirinya berharap, konsep pelaksanaan revolusi 5P sebagai program unggulan orientasinya adalah bekerja untuk kepentingan masyarakat, mengurangi angka kemiskinan, menciptakan kemajuan daerah dan menghindari diparitas antar wilayah.

“Fokusnya pada peningkatan produksi dan produktivitas petani, peternak, nelayan serta pengembangan pariwisata sebagai partisipasi aktif sektor lainnya, dan membangun kemitraan dengan swasta,”sebut dia.

Baca juga :  Soal Pelantikan Lima Paslon Bupati Terpilih di NTT, Doris : Belum Ada Informasi Resmi dari Kemendagri

Rencana aksi daerah ini akan menghasilkan model integrasi pelaksanaan revolusi 5 P pada kecamatan sebagai pusat wilayah pengembangan, sasaran rumah tangga sebagai pelaksana inti  revolusi 5 P.

Bupati Masneno pada kesempatan tersebut juga mengajak semua pihak mendukung program revolusi 5 P demi mewujudkan masyarakat maju, mandiri dan sejahtera. “Melalui momentum RAD Revolusi 5 P ini mari kita berkerja bersama secara lebih maksimal demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah ini,” pesan Masneno.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut, Waki Ketua I DPRD Kabupaten Kupang, Sofian Malelak De Haan, Anggota DPRD Kabupaten Kupang, Hans Taopan, Sekda Kabupaten Kupang, Obet Laha, para pimpinan OPD dan perwakilan LSM. (ben/Humas Pemkab Kupang/ade)