Hari Bakti PU Ke-75, BWS NT II Tanam 1.100 Pohon di Bendungan Raknamo

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Masih dalam rangkaian peringatan Hari Bakti PU Ke-75 Tahun 2020, Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan penanaman 1.100 pohon di Bendungan Raknamo, Kabupaten Kupang, Sabtu (5/12/2020).

Kegiatan penanaman pohon di Bendungan Raknamo itu,diawali dengan registrasi para peserta dan rapid test, pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Mars PUPR, doa, pemutaran video kegiatan penamanan di BWS Bengawan Solo, laporan Direktur Jenderal SDA, sambutan selamat datang Bupati Karanganyar secara virtual, sambutan dan sapa Balai oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat secara virtual, menuju penanaman simbolis, salam penutup, makan siang dan ramah tamah.

Baca juga :  Gugatan MISI Ditolak, Penetapan Paslon Terpilih Mabar Tunggu Pemberitahuan Resmi dari MK

“Kita mengikuti acara puncak Kementerian PUPR yang dilaksanakan secara live streaming dari Bendungan Gondang, Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah. Dan’ untuk kita di NTT dipusatkan di Bendungan Raknamo, Kabupaten Kupang dengan menanam 1.100 pohon,” kata Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ir. Agus Sosiawan,ME melalui Kepala Seksi Pelaksanaan BWS NT II Provinsi NTT, Costanji Nait kepada wartawan di Kupang, Jumat (4/12/2020) petang.

Selain menanam pohon di Bendungan Raknamo, BWS NT II Provinsi NTT juga melakukan penanaman 1.050 pohon di Bendungan Roti Klot, Kabupaten Belu dengan sumber anakan  salah satunya dari BPDAS Benain Noelmina.

“Karena situasi pandemi covid-19, kita undangannya terbatas hanya 10 undangan dari luar BWS NT II, antara lain, Dinas PUPR NTT, BPDAS Benain Noelmina, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi NTT, Polres Babau Kabupaten Kupang, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kupang, beberapa masyarakat desa dan BUMDes yang berdomisili di sekitar Bendungan Raknamo.

Baca juga :  Wilayah Pemberlakuan PPKM Mikro Diperluas

Pohon yang ditanam di sekitar Bendungan Raknamo antara lain, bunga-bunga merah, trambesi, mahoni, asam, johar, kelor atau tanaman –tanaman lokal, sedangkan yang ditanam di sekitar halaman Mes BWS NT II di Bendungan Raknamo adalah buah-buahan. (ade)