KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Selasa, 1 Desember 2020, Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kupang, Joni Nomseo dan Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Kupang, Jefri Rote meninjau langsung kondisi ruas jalan Matani –Lanudal Kupang, Desa Penfui Timur.

Kedatangan Wabup Manafe bersama rombongannya itu disambut antusias oleh masyarakat Desa Penfui Timur.  Tepat jam 10.00 Wita, Wabup Manafe bersama Kadis PUPR Kabupaten Kupang, Joni Nomseo dan Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Kupang, Jefri Rote tiba di Desa Penfui Timur yang disambut dengan pangalungan selendang oleh Kepala Desa Penfui Timur, Kleopas Nome di ruas jalan Matani-Lanudal Kupang, tepatnya di samping Kantor Desa Penfui Timur.

Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan kondisi jalan mulai dari samping Kantor Desa Penfui Timur menuju gerbang masuk Lanudal Kupang dengan panjang jalan kurang lebih 815 meter dan lebar 10 meter.

Setelah tiba di gerbang Lanudal Kupang,  Wabup Manafe bersama rombongannya dan sejumlah tokoh masyarakat Desa Penfui Timur diarahkan ke ruangan VIP Lanudal Kupang untuk melakukan pertemuan dengan masyarakat sekaligus mendengarkan penjelasan Wabup Kupang  terkait penanganan jalan tersebut.

Pertemuan  yang berlangsung kurang lebih satu setengah jam itu dipandu oleh Yoseph Angimoy, salah satu masyarakat Desa Penfui Timur yang juga pemrakarsa atau yang menginisiatif  jalannya kegiatan pada hari itu.

Hadir dalam pertemuan itu, Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, Komdan Lanudal Kupang, Letkol Nasrul, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kupang, Joni Nomseo, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Kupang, Jefri Rote, dan Kepala Desa Penfui Timur, Kleopas Nome.

Turut hadir Kadus IV, Fredik Taebenu, Kadus III, Yoseph Bani, sejumlah tokoh masyarakat Desa Penfui Timur antara lain, Tinus Nome, dan Petrus P. Moron, tokoh agama, seperti Pater Bastian, sejumlah Ketua RT  dan beberapa masyarakat yang berdomisili di sekitar kompleks Lanudal Kupang.

Baca juga :  Progres Fisik Paket Golo Welu - Orong Capai 90 Persen

Saat pertemuan tersebut, Wabup Manafe mengakui, kehadirannya saat itu untuk menepati janjinya yang sudah dijanjikan kepada masyarakat saat melakukan sosialisasi jamu bersama Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena di Gereja St. Kristoforus Matani sebelumnya.

Dimana, pada waktu sosialisasi itu, Bapak Yoseph Angimoy, salah satu masyarakat Desa Penfui Timur mempertanyakan soal kondisi ruas jalan Matani – Lanudal yang sudah berpuluhan tahun tidak mendapat perhatian dari pemerintah.

“Suara yang keluar dari mulut Bapak Yos Moy saat itu adalah suara yang terberkati, sehingga hari ini (Selasa,1/12/2020,red), kita  bisa bertemu. Saya ke Penfui Timur ini sudah berulangkali, dan sudah berbuat untuk masyarakat dengan membangun jalan sepanjang 5 kilo meter. Jadi, kalau saya datang ke sini (Desa Penfui Timur,red) pasti masyarakat mintanya untuk membangun jalan. Saya juga merasa malu, kalau kita dari Kabupaten Kupang masuk ke Kota Kupang begitu menginjak jalan hotmix sepertinya menginjak di lantai keramik, sedangkan jalan di wilayah kita sendiri masih jalan tanah,”urainya.

“Oleh karena itu, atas pertolongan Yang Maha Kuasa, doa bapa mama semua, saya coba perjuangkan di anggaran induk, dan kali ini kita dapat 1,5 kilo meter mulai dari tadi kita masuk (samping Kantor Desa Penfui Timur,red) sampai di gerbang Lanudal Kupang. Jalan yang dibangun nanti langsung pengaspalan hotmix,” janji Wabup Manafe.

Selain itu ruas jalan itu, Pemkab Kupang juga akan membangun Jalan Lasiana- Kaniti sepanjang 2 kilo meter. “Saya memang pernah membangun jalan hotmix, tetapi itu bukan dana APBD, tetapi bersumber dari dana APBN waktu itu di Jalan Monas, Noelbaki  dari jalan yang sulit menjadi jalan hotmix,”kisah dia.

Baca juga :  Tim KLC Kembali Melakukan Investigasi Masalah Limbah Hotel Local Colection

Mengakhiri pembicaraannya, Wabup Manafe menyampaikan terima kasih kepada Komdan Lanudal Kupang yang telah menyediakan tempat untuk melakukan pertemuan dengan masyarakat setempat.

Ia juga mengundang Komdan Lanudal Kupang bertandang ke kantornya di Kantor Bupati Kupang di Oelamasi, untuk saling bersilahturahmi.

Terima Kasih Atas Kunjungan Wabup Kupang
Komdan Lanudal Kupang, Letkol Nasrul saat menerima Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe dan Kadis PUPR Kabupaten Kupang, Joni Nomseo di ruang VIP Lanudal Kupang, Selasa (1/12/2020)

Pada tempat yang sama, Komdan Lanudal Kupang, Letkol Nasrul mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wabup Kupang, Jerry Manafe bersama Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kupang, Joni Nomseo di Desa Penfui Timur.

Walaupun dirinya, baru memimpin 3 bulan di tempat itu, namun ia terbuka untuk menerima siapa saja termasuk masyarakat yang berada di sekitarnya. Bagi dia, pertemuan seperti ini untuk meningkatkan hubungan silahturahmi yang baik dengan pemerintah dan masyarakat.

“Ada beberapa kegiatan  yang kami lakukan yang bersifat kemasyarakatan, seperti  melakukan budidaya lebah, membuat lapangan panahan, dan itu tidak hanya untuk anggota kami saja, tetapi ke depannya bisa digunakan untuk masyarakat.  Harapan kami, ke depan bisa bekerjasama dengan KONI NTT, sehingga bisa melahirkan potensi-potensi dari pemuda/i  di sini yang berprestasi,”harap Nasrul.

POSE BERSAMA- Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe berfoto bersama Komdan Lanudal Kupang, Letkol Nasrul, Kades Penfui Timur, Kleopas Nome, para Kadus, para Ketua RT, para tokoh masyarakat dan tokoh agama Desa Penfui Timur di depan ruangan  VIP Lanudal Kupang, Selasa (1/12/2020)

Ungkapan serupa juga disampaikan Petrus P. Moron, salah satu tokoh masyarakat Desa Penfui Timur yang menyampaikan terima kasih atas kunjungan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe ke desanya untuk melihat langsung kondisi ruas jalan Matani  – Lanudal Kupang yang  kondisinya sangat memprihatinkan.

Kehadiran Wabup Manafe di Desa Penfui Timur, kata Moron, untuk menepati janjinya pada tanggal 16 November 2020 lalu ketika melakukan sosialisasi jamu bersama Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Laka Lena yang juga Ketua DPD Partai Golkar NTT di Gereja St. Kritoforus Matani.

Baca juga :  Para Guru dan Siswa Lakukan Pembersihan Lahan SMKN 2 Welak

Pada waktu itu, salah satu peserta mempertanyakan tentang kondisi ruas jalan Matani-Lanudal Kupang  sepanjang kurang lebih 815 meter dengan lebar jalan 10 meter, dimana kondisinya sangat memprihatikan.

Kata Moron, ruas jalan itu, tepatnya mulai dari samping Kantor Desa Penfui Timur hingga gerbang Lanudal Kupang pada musim panas menimbulkan debu, yang mempengaruhi polusi udara  kotor bagi kesehatan masyarakat di sekitarnya, dan pada saat musim hujan kondisi jalannya berlumpur, sehingga menggangu arus lalu lintas kendaraan yang melintasi di ruas jalan itu.

Inilah ruas jalan Matani –Lanudal Kupang, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT

Pada saat itu, lanjut Moron, Wabup Jerry Manafe memberikan pernyataan untuk memperhatikan jalan tersebut, dan bila perlu dibangun hotmix. “Oleh karena itu, pada hari ini (Selasa,1/12/2020,red), kami bersyukur karena Wabup Manafe menepati janjinya untuk meninjau langsung kondisi ruas jalan Matani- Lanudal Kupang sekaligus mengambil langkah-langkah untuk menjawab keluhan masyarakat,”tandasnya.

Ia berharap, dengan kehadiran Wabup Jerry Manafe ini, bisa merealisasikan apa yang sudah dijanjikannya nanti, sehingga arus lalu lintas dari Matani, Desa Penfui Timur ke Kota Kupang menjadi lebih cepat dan lancar. (ade)